Usut Proyek RKB SMPN 36 Diduga Fiktif


BANDUNG, (WN)

Pengadaan fiktif merupakan tindakan pidana dengan derajat lebih berat lagi dibandingkan dengan usaha mengurangi kuantitas dan/atau kualitas barang/jasa. Kegiatan proyek pembangunan RKB SMPN 36 Kota Bandung dengan anggaran Rp 1.029.176.777,- TA 2012 dengan 2 (dua) perusahaan/CV yang ikut tender, yaitu CV. Riza dan CV. Sahati Jaya. Akan tetapi kedua perusahaan tidak lulus kualifikasi.

Anehnya, pembangunan ruang kelas baru (RKB) SMPN 36 Kota Bandung yang beralamat jalan Caringin Babakan Ciparay Bandung berjalan pembangunan tersebut yang ironisnya lagi tidak ada papan pengumuman CV/Perusahaan yang mana melaksanakannya.

Warta Nasional mencoba mengonfirmasikan perihal tersebut di atas kepada     pejabat PPK (Pejabat Pembuat Komitmen), Asep Zaenudin tetapi tidak selalu diruangan kerjanya, wartawan mencoba menghubungi melalui SMS ke Hp-nya dijawab dengan singkat oleh Asep Zaenudin melalui SMS yang mengatakan lihat di Perpres. No. 54 tahun 2010, jawabnya dengan singkat.

Salah satu staff di Disdik Kota Bandung yang namanya dirahasiakan mengatakan kemungkinan karena tidak ada CV/ Perusahaan yang ikut serta lagi dan 3 (tiga) kali putaran berturut-turut akhirnya menjadi penunjukkan langsung (PL).Wartawan kembali memantau survey kelapangan yang kedua kali mendapatkan informasi dari salah satu pekerja ditempat kegiatan pembangunan tersebut yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan pelaksanaan pekerjaan proyek pembangunan ruang kelas baru (RKB) yaitu CV. Riza.

Koordinator Lembaga Advokasi Hukum dan HAM, Lian mengatakan, jika adanya proses penunjukkan langsung (PL) dapat ditolerir sedang menghadapi keadaan darurat, misalnya akibat bencana alam atau menjaga keselamatan/perlindungan masyarakat yang pelaksanaan pekerjaannya tidak dapat ditunda harus dilakukan segera atau akibat kerusakan sarana/prasarana yang dapat menghentikan kegiatan pelayanan publik itu bisa, ujar Lian.

Lembaga Advokasi Hukum dan HAM, Lian meminta dan mendesak pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bandung mengusut seluruh kegiatan proyek pembangunan ruang kelas Baru (RKB) diduga sarat KKN apalagi terindikasi penggelembungan harga (mark up), tegasnya. (P. Marbun)

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s