UNIONPERS
KRIMINAL
PROFIL UNIONPERS

Dana Stimulan Program PIP Jadi Ajang Bancakan


SUBANG, (WN)

Dana Program Peningkatan Insfrastruktur Perdesaan (PIP) bernilai milIaran rupiah yang dikucurkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) bagi desa-desa di Kabupaten Subang kuat dugaan dijadikan bancakan dan sarat KKN. Dana yang bersumber dari APBD Propinsi tahun 2012 diperuntukan bagi 60 Desa di 19 kecamatan dan masing-masing desa kebagian Rp 50 juta ini disinyalir hanya diterapkan 20% hingga 50% saja, selebihnya dijadikan bancakan.

Sinyalemen adanya penyelewengan dana Peningkatan Infrasturktur Perdesaan (PIP), berdasarkan fakta dilapangan tampaknya sudah sedemikian terbuka. Namun pihak-pihak yang terlibat didalamnya terkesan tutup mulut. Bahkan diantaranya beberapa oknum memandang jika praktek seperti itu dianggap lumrah.

Sumber di kantor BPMKB KabupatenSubang menuturkan, untuk menyikapi  adanya dugaan oknum yang meminta jatah atas dikucurkanya dana program itu, baik Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Jawa Barat dan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (BPMKB) Kabupaten Subang telah melayangkan Surat Edaran (SE), intinya  instansi yang berkompeten agar tidak menggubris oknum yang berkeliaran hendak   meminta jatah.

Terpisah, menanggapi mencuatnya dugaan penyimpangan dana PIP itu, aktifis Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi (GNPK) Provinsi Jawa Barat, A.Sutisna menyatakan merasa prihatin. Dia  menilai bila oknum-oknum yang terlibat bancakan dana PIP itu dapat dikatagorikan sebagai perbuatan korupsi.

Sutisna  juga menyesalkan adanya pembiaran kebijakan administrasi (baca: pembuatan SPJ fiktip), hal itu secara tidak langsung melegalkan tindak pidana korupsi itu sendiri. Melihat kondisi seperti itu, pihaknya meminta agar para penegak hukum segera turun tangan. “Polisi dan Kejari Subang harus proaktif, segera selidiki terendusnya kasus-kasus pelanggaran hukum itu, tangani secara serius hingga ke meja hijau. Bila terbukti beri hukuman setimpal, agar ada efek jera”, pintanya. (*abh/asuh)

 

About unionpers

ORGANISASI WARTAWAN UNIONPERS BERDIRI SEJAK TAHUN 2004, AKTA NOTARIS : No 01/05/10/2005, MARLIANSYAH, SH, E-mail: unionpers@yahoo.com, REKENING BANK MANDIRI NO : 132 00 1264034-9, CABANG SADANG, PURWAKARTA ATAS NAMA REKSON HERMANTO (BENDAHARA)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BERITA

%d blogger menyukai ini: