Jakarta Rawan Korupsi Foke Terkesan Melempar Kesalahan Terkait Laporan PPATK


JAKARTA –Laporan Pusat Pelaporan Analisis Transaksi dan Keuangan (PPATK) yang menyebut Pemda DKI sebagai Pemda terkorup di Indonesia telah dibantah oleh Gubernur DKI Fauzi ‘Foke’ Bowo.

Jawaban Foke tersebut dinilai terkesan melempar kesalahan kepada inspektorat Pemda DKI atas laporan tersebut.

Sebelumnya, Foke mengatakan tidak ada rekening siapapun di jajaran Pemprov DKI yang digunakan untuk menyelewengkan dana APBD DKI seperti yang dituduhkan PPATK sebagai modus korupsi yang dilakukan oleh pejabat di jajaran Pemprov DKI.

Ia menilai, kalaupun benar ada laporan tersebut, maka ia juga meminta hal tersebut untuk dilaporkan kepada dirinya selaku Gubernur DKI.

Menanggapi hal tersebut, peneliti Indonesia Budget Center (IBC), Roy Salam, menilai jawaban Foke tersebut menunjukkan lemahnya pengawasan Gubernur DKI dalam manajemen keuangan di lingkungan Pemprov DKI.

Menurutnya fungsi Gubernur adalah memastikan manajemen keuangan di lingkungan pemerintahannya sesuai aturan keuangan.

“Ini indikasi Foke tidak melakukan pengawasan yang ketat. Juga menunjukkan inspektorat DKI tidak bekerja melakukan pengawasan anggaran. itu alasan diplomatis Foke seolah melempar kesalahan bahwa inspektoratnya tidak menyampaikan pada dia soal laporan tersebut,” ujar Roy kepada Tribun, Selasa (28/8/2012).

Roy berpendapat Pemprov DKI seharusnya mengupayakan reformasi birokrasi agar lebih akuntabel. Ditambahkannya, jika faktanya memang seperti apa yang disampaikan dalam laporan PPATK, maka itu menunjukkan gagalnya Pemprov DKI menata reformasi birokrasi dalam prinsip akuntabilitas dan transparasi keuangan.

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s