UNIONPERS
KRIMINAL
PROFIL UNIONPERS

Sher Muhammad Febry Awan Divonis Bebas Oleh PN Jaksel


Sher Muhammad Febry Awan Divonis Bebas Oleh PN Jaksel

Terdakwa kasus pembunuhan Raafi Aga Winasya Benjamin di Shy Roofstop, Kemang, Jakarta Selatan, Sher Muhammad Febry Awan, divonis bebas majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan karena tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pembunuhan.

“Membebaskan terdakwa dari seluruh dakwaan dan memerintahkan terdakwa dikeluarkan dari tahanan serta memulihkan harkat dan martabatnya,” kata pimpinan majelis hakim Muhammad Razzad, dalam pembacaan vonis kasus dugaan tindak pidana pembunuhan tersebut di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

Terdakwa Sher Muhammad dituntut oleh Jaksa Penuntut Umum dengan pidana penjara selama 12 tahun karena dinilai telah melanggar Pasal 338 tentang pembunuhan dan Pasal 351 ayat (1) tentang Penganiayaan.

Di dalam pembacaan vonisnya, majelis hakim menyatakan dalam kejadian tersebut, tidak ada saksi baik dari teman Raafi serta Sher Muhammad Febry adanya penusukan tersebut.

Sekaligus dengan vonis itu, majelis hakim tidak menggunakan keterangan dari saksi Sanuri yang mengaku tetah dititipi pisau berdarah oleh terdakwa, demikian juga mengenyampingkan keterangan dari saksi Robby Syarif yang mengaku melihat terdakwa menyerahkan pisau tersebut ke Sanuri. “Pisau itu tidak pernah diperlihatkan dalam persidangan,” kata majelis hakim.

Ia menambahkan, dari pengakuan saksi Sanuri yang mengaku tidak begitu dekat dengan terdakwa, hingga tidak mungkin terdakwa menitipkan pisau berdarah itu ke orang yang tidak dikenal secara akrab, menanggapi putusan tersebut, Jaksa Penuntut Umum menyatakan pikir-pikir atas putusan tersebut.

Masyhudi, Kajari Jakarta Selatan yang ditemui di ruang kerjanya mengatakan bahwa, “kita menghormati Putusan Hakim tersebut dan ini belum final. Tentunya Jaksa Penuntut Umum akan melakukan upaya hukum kasasi sesuai dengan ketentuan Undang-Undang”.

Perbedaan pendapat biasa terjadi, sebagai salah satu penegak hukum Jaksa Penuntut Umum telah bertindak profesional sesuai dengan prosedur dan mekanisme penegakan hukum. Kejaksaan berharap putusan tersebut dapat diterima tidak terlalu lama sehingga Jaksa Penuntut Umum mempunyai waktu yang cukup untuk menyiapkan memori kasasi sesuai dengan ketentuan Undang-Undang.

About unionpers

ORGANISASI WARTAWAN UNIONPERS BERDIRI SEJAK TAHUN 2004, AKTA NOTARIS : No 01/05/10/2005, MARLIANSYAH, SH, E-mail: unionpers@yahoo.com, REKENING BANK MANDIRI NO : 132 00 1264034-9, CABANG SADANG, PURWAKARTA ATAS NAMA REKSON HERMANTO (BENDAHARA)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BERITA

%d blogger menyukai ini: