Pejabat PNPM Situbondo Dipenjara 18 Bulan


Pejabat PNPM Situbondo Dipenjara 18 Bulan

Dua terdakwa yaitu Sumyati dan Jhony Efendi divonis hukuman 18 bulan penjara, mereka terjerat kasus penyelewengan dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) senilai Rp 132 juta.

Dalam sidang yang dipimpin Hakim Ketua Supriono, SH, terdakwa yang mendapat vonis hukuman kurungan 18 bulan penjara. “Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan, melanggar pasal 2 ayat (1) tahun 2009 UU Tipikor. Maka dengan ini keduanya dijatuhi hukuman selama 1 tahun 6 bulan penjara dipotong masa tahanan serta diwajibkan membayar denda 50 juta rupiah,” ujar Supriono di ruang sidang Tipikor I, Selasa (31/7/2012).

Dalam amar putusannya, Majelis hakim menilai bahwa terdakwa Sumyati yang menjabat sebagai Ketua Unit Pengelola Keuangan (UPK) Situbondo, terbukti melakukan tindakan korupsi senilai Rp 82 juta dari dana APBD tahun 2011.

“Sesuai fakta persidangan, terdakwa memang terbukti melakukan penyelewengan dana APBD yang digunakan untuk PNPM,” imbuh Supriono.

Sementara itu, Jhony Efendi yang merupakan Sekretaris Keuangan Desa kampong Tlogosari juga mendapat jatah kucuran dana segar dari Sumyati. Meski nilainya lebih kecil yakni Rp 50 juta, keduanya mendapat tuntutan dari JPU Nurkhoyun 2 tahun penjara.

Diketahui, pejabat kabupaten dan perangkat desa tersebut didudukkan sebagai terdakwa oleh PN Surabaya berdasarkan pelimpahan Kejari Situbondo setelah keduanya dinyatakan terlibat dalam penyelewengan dana APBD yang diperuntukkan sebagai pewujudan PNPM.

Akibat dari perbuatan keduanya Kejari Situbondo menduga terjadi adanya tindakan memperkaya diri sendiri dan merugikan negara senilai Rp 132 juta. [sm]

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s