Mantan Pejabat Kota Tangerang Didakwa Korupsi Proyek Turap


Mantan Pejabat Kota Tangerang Didakwa Korupsi Proyek Turap

Mantan Kepala Seksi (Kasi) Perencanaan Teknis pada Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangerang Dedi Sukanda diadili di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Serang, Selasa (31/7). Ia didakwa korupsi dalam pengerjaan proyek perbaikan turap kali Cisadane menggunakan dana APBD Kota Tangerang tahun 2008 senilai Rp 46 juta.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Dian Herdiman menyatakan, Dedi Sukanda didakwa dengan Pasal 2 ayat (1) jo Pasal 18 UU RI Nomor 31 tahun 2009 tentang Pemberantasan Tipikor, jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Dalam dakwaannya, JPU menyatakan, terdakwa tidak melakukan uji kelayakan dan pengkajian teknis sebelum turap dikerjakan. Akibatnya, turap senilai Rp 46 juta itu roboh akibat pengerjaannya tidak sesuai dengan persyaratan teknis. Perkara ini dinyatakan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mengakibatkan negara dirugikan Rp 46 juta.

Terdakwa Dedi Sukanda tidak sendirian. Direktur CV Environ Metal Kajitama Ade Harry Jumhana dan konsultan Rizky Ginansayah juga didakwa dalam berkas terpisah. Mereka bersama-sama melakukan tindak pidana korupsi dalam proyek tersebut. “Terdakwa sengaja memerintahkan Rizky untuk mencari pelaksana proyek dengan ketentuan bagi hasil lima persen,” jelas Dian dalam dakwaannya.

Kemudian, tutur JPU, Rizky meminjam nama CV Environ Metal Kajitama. Setelah dokumen perusahaan diserahkan ke DPU Kota Tangerang, Kepala DPU Kota Tangerang yang dijabat Engkan Lengkana saat itu, mengeluarkan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) dengan nilai kontrak Rp 46 juta. “Dalam dokumen CV Environ Metal Kajitama sebagai pelaksana proyek, namun proyek tersebut tidak dikerjakan oleh Cv Environ. Ade hanya meminjamkan perusahaannya saja kepada Rizky,” lanjutnya.

Setelah uang proyek Rp 46 juta dicairkan, Ade menyerahkannya kepada Rizky dalam bentuk cek senilai Rp 36,8 juta. Sisanya, diambil Ade. Kemudian, cek yang telah dicairkan ke Bank Jabar-Banten itu dua kali ditransfer ke rekening terdakwa Dedi Sukanda. “Pertama Rizky mentransfer Rp 26 juta, kedua Rp 10 juta. Sisanya digunakan oleh Rizky,” tambahnya.

Usai pembacaan dakwaan, pimpinan sidang Hakim Poltak Sitorus mempersilakan terdakwa melalui kuasa hukumnya yang ditunjuk Pengadilan Tipikor Serang, Mufti Rahman, untuk membuat pembelaan yang akan dibacakan pada Selasa (7/8) pekan depan. (dwi)

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s