UNIONPERS
KRIMINAL
PROFIL UNIONPERS

Kejati Banten Susun Laporan Penyelidikan


Kejati Banten Susun Laporan Penyelidikan

Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten tengah menyusun laporan hasil penyelidikan perkara dugaan korupsi pengadaan lahan Gerai Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Sepatan. Keterangan dan alat bukti lain yang telah diperoleh itu akan dilaporkan ke Kepala Kejati Banten. Jaksa penyidik tinggal menunggu keputusan Kajati untuk penanganan selanjutnya perkara proyek tahun 2011 senilai Rp 1,4 miliar tersebut.

“Setelah penyusunan laporan rampung, akan diajukan ke Pimpinan. Selanjutnya, kami akan menunggu petunjuk Pimpinan, bisa ditingkatkan ke tahap penyidikan atau dikembalikan. Tunggu saja petunjuknya,” kata Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Humas Kejati Banten Mustaqim di ruang kerjanya, Senin (30/7).

Ia menjelaskan, dalam tahap penyelidikan, Kejati telah meminta keterangan dari 25 orang yang dinilai mengetahui proses pengadaan lahan Samsat Sepatan. “Ada sekitar 25 orang, di antaranya dari Biro Umum dan Perlengkapan Provinsi Banten, pemilik lahan, Camat, Kepala Desa (Kades), dan panitia penilaian lahan. Untuk sementara sudah cukup, namun apabila dinilai kurang, kami akan melengkapinya lagi,” tegas Mustaqim.

Kendati demikian, Mustaqim menyatakan, Kejati belum bisa menegaskan adanya kerugian negara dalam perkara ini. Pasalnya, audit dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) belum ada. “Belum ada audit tentang kerugian negara, biasanya menjelang penyidikan,” ucapnya.

Perkara ini diusut sejak Juni 2012, diawali dengan pengumpulan data (puldata) dan pengumpulan bahan dan keterangan (pulbaket). Begitu indikasi korupsi ditemukan, Kejati menaikkan ke tahap penyelidikan. Salah satunya, dari lahan seluas 3.500 meter persegi, anggaran yang dikucurkan untuk membebaskannya senilai Rp 1,4 miliar.(dwi)

About unionpers

ORGANISASI WARTAWAN UNIONPERS BERDIRI SEJAK TAHUN 2004, AKTA NOTARIS : No 01/05/10/2005, MARLIANSYAH, SH, E-mail: unionpers@yahoo.com, REKENING BANK MANDIRI NO : 132 00 1264034-9, CABANG SADANG, PURWAKARTA ATAS NAMA REKSON HERMANTO (BENDAHARA)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BERITA

%d blogger menyukai ini: