Fadil: Bupati Purwakarta Bisa Saja Jadi Tersangka


Bandung – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat sangat berhati-hati menetapkan kasus dugaan korupsi makan-minum alias Mamin Gate Kabupaten Purwakarta. Tidak menutup kemungkinan kasus yang merugikan negara Rp14 miliar itu menyeret tersangka lain.

Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Jabar Fadil Zumhanna mengatakan, penetapan suatu tersangka harus ditentukan oleh alat bukti. Pihaknya tidak begitu saja menetapkan seseorang sebagai tersangka. “Jadi penetapan tersangka itu tidak boleh ada dorongan dari pihak manapun. Barang buktinya harus lengkap,” ujar Fadil kepada wartawan, Minggu (18/3/2012).

Dia mengatakan, siapa saja bisa jadi tersangka dalam kasus tersebut. Begitu pun Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Namun saat disinggung mengenai ada peran dari orang nomor satu di Purwakarta itu, Fadil belum mendapatkan laporannya dari penyidik.

“Siapa tahu Dedi (Bupati Purwakarta) juga jadi tersangka. Tapi hingga saat ini saya belum mendapatkan laporan dari penyidik mengenai keterlibatannya. Kalau saya dapatkan tentu saya langsung menginformasikannya,” kata dia.

Hingga saat ini, kasus Mamin Gate yang terjadi pada tahun 2006 itu baru menyeret satu tersangka. Tersangka itu adalah Dudung Bachtiar Supardi, selaku Wakil Bupati Purwakarta. Dudung diduga berperan serta dalam kasus tersebut ketika menjabat sebagai Sekretaris Daerah disana.

Fadil mengaku, proses pemeriksaan terhadap orang nomor dua di Purwakarta itu sudah dianggap selesai. Fadil sudah mendapatkan keterangan dari penyidik jika Dudung tidak perlu diperiksa lagi. “Kami sudah menganggap selesai keterangan dari Wakil Bupati Purwakarta. Saat ini sudah masuk pemberkasan,” jelas dia. Dia menambahkan, akan segera melimpahkan kasus tersebut ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung.[ang]

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

One thought on “Fadil: Bupati Purwakarta Bisa Saja Jadi Tersangka”

  1. Masyarakat tahu soal mamin terhadap saksi-saksi yang berucap siapa yang sebenarnya menggunakan dana tersebut untuk kepentingan pribadi , diperlukan saksi berapa orang lagi ? masalahnya kalau kasus itu diulur-ulur akhirnya bisa data jadi hilang, saksi jadi lupa.Tidak diperiksanya seseorang yg terindikasi menggunakan uang dari kasus DBBA, GIC walaupun,ada alasan Ijin Presiden belum keluar sampai saat ini semuanya memerlukan kejujuran.Bahkan IP yang dimaksud sampai saat ini tidak jelas juntrungannya entah kemana ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s