Seremoni Penyambutan Siswa Baru SMPN4 Cikarang Utara Dikemas Sangat Menarik


Seremoni Penyambutan Siswa Baru SMPN4 Cikarang Utara Dikemas Sangat Menarik

Bekasi (Lensa Pendidikan) MEMASUKI masa tahun ajaran baru, di SMP Negeri 4 Cikarang Utara disibukkan dengan kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) dalam proses adaptasi atau masa pengenalan siswa baru terhadap lingkungan sekolah. MOS di SMP Negeri 4 Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi telah mampu mengedukasi peserta didik baru yang segaja dirancang menjadi lebih humanis  dari kreativitas/ kegiatan dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah. MOS merupakan ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin dan mempererat tali persaudaraan diantara siswa baru dan kakak kelasnya. Selain itu juga merupakan sarana pengenalan terhadap kegiatan-kegiatan yang diadakan.

“Selain pemberian materi dan pengenalan lingkungan sekolah, siswa baru juga diperkenalkan dengan beberapa ekskul andalan sekolah ini diantaranya; ekskul paduan suara, basket, pramuka, dan paskibraka. Masing-masing ekskul menunjukkan kebolehannya masing-masing dihadapan siswa baru. Lantaran mendekati Ramadan, kegiatan MOS juga dilakukan berkaitan dengan kegiatan rohani yang mampu meningkatkan keimanan, ketaqwaan dan budi pekerti pada siswa baru, “ ujar Drs.Mista Hartawan selaku Ketua Panitia didampingi Wakil Kepala SMP Negeri 4 Cikarang Utara, Sumarna, S.Pd kepada Lensa Pendidikan, Selasa (17/07).

Menurut Mista, kegiatan MOS kali ini memang dikemas lebih menarik dan kekeluargaannya lebih terlihat. Hal ini memang menjadi keputusan bersama panitia MOS dan guru-guru yang ingin hubungan antara siswa baru dan siswa lama lebih bersahabat lagi dan bisa saling kenal antar satu sama lain tanpa adanya perbedaan. Kegiatan MOS dilakukan di lingkungan sekolah dan di luar sekolah dan yang memberi materi adalah para guru, guru senantiasa berada di tengah-tengah peserta, sehingga peserta MOS akan lebih antusias. Terlebih jika guru pendamping juga mau mengikuti kegiatan yang sedang berjalan. Misalnya, ketika acara menyanyi lagu daerah dan lagu nasional, guru juga ikut menyanyi bersama peserta, sehingga akan menghilangkan jarak antara guru dengan siswa,” ujar Mista.

Menurut Mista Hartawan, tujuan utama dari kegiatan MOS ini adalah untuk memperkenalkan siswa pada lingkungan fisik sekolah, memperkenalkan siswa pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di SMP Negeri 4 Cikarang Utara, memperkenalkan siswa pada keorganisasian yang ada, juga untuk memperkenalkan siswa pada seluruh kegiatan yang ada, mengarahkan siswa dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat mereka, menanamkan sikap disiplin, kepribadian, spiritual, budi pekerti yang baik, tanggung jawab, toleransi.

Sumarna, SPd selaku panitia PSB/ PPDB mengatakan, proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SMPN 4 Cikarang Utara berjalan dengan sukses. Pendaftar sebanyak 463 orang anak didik diterima sebanyak 352 orang dibagi menjadi 8 (delapan) kelas. Memang untuk masuk sekolah ini sangat ketat dengan nilai terendah adalah 6, 80 dan tertinggi 8,83. Tahun ini, antusias orangtua murid untuk mendaftarkan anaknya sekolah disini memang sangat tinggi, mungkin karena faktor prestasi yang diraih oleh putra-putri SMPN 4 Cikarang Utara.

Diantaranya,  Juara 1 (satu) Turnament Bulutangkis Terbuka Se Kabupaten Bekasi. Tunggal putri dan ganda putri, juara 1 tunggal putri pemain Brigitha dan Windi, Juara 3 Putra diraih oleh Hasbi siswa kelas 1. Brigitha Maria Brenda dimana sebelumnya telah meraih piala dari juara I lomba Porseni tingkat Kabupaten Bekasi tahun 2009, dan  lomba O2SN Tingkat Kab Bekasi tahun 2010, serta juara II Popda Tingkat Korwil wilayah 4. Selain itu, tahun kemarin sekolah ini juga maraih juara 1 basket tingkat propinsi, ujar Sumarna.

Menurut Kepala SMPN 4 Cikarang Utara,mengatakan, saat ini jumlah anak didik sebanyak 1096 orang dan mengharapkan agar kegiatan ini dari tahun ketahun bisa lebih baik lagi. Apalagi peserta MOS tahun ini lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. “Harapan saya semoga kegiatan ini bisa menjadi lebih baik lagi dari tahun-ketahunnya dan siswa baru ini nantinya bisa mengharumkan nama sekolah dengan prestasi yang ditorehkannya,” ungkapnya.  (Rekson)

 

 

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s