Terdakwa Kasus Pencabulan Terhadap Keponakan Divonis 6 Tahun


Manado – Harto Mokodompit (45) harus meringkuk di balik jeruji besi selama enam tahun, ditambah denda Rp 60 juta, subsidair 6 bulan kurungan. Hal ini sesuai putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Manado, Saur Sitindaon SH MH, Aris Bokko SH yang menyatakan pria yang berdomisili di Kelurahan Kairagi ini terbukti bersalah mencabuli keponakannya sen-diri, Sekar (bukan nama sebenarnya) yang masih berusia 13 tahun.

“Terdakwa terbukti melang-gar pasal 81 ayat (1) Undang-undang Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak,” ucap Hakim Saur.

Hukuman tersebut lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Claudya Moningka Lakoy SH memberikan tuntutan sembilan tahun penjara, denda Rp 60 juta, subsidair enam bulan penjara. Terungkap, aksi pemerkosaan seorang paman terhadap keponakannya ini terjadi sekitar bulan februari 2010 di tiga tempat berbeda, yakni pertama di rumah terdakwa, kedua di rumah korban dan ketiga di Hotel Pevili Maumbi.

Aksi cabul terdakwa pertama kali dilakukan pada tahun 2010, tepatnya di rumah terdakwa. Pada saat itu, korban mendatangi rumah terdakwa dengan maksud bermain dengan anak terdakwa. Beruntung hubungan layak sensor itu belum terjadi. Namun, berhasil dilakukan terdakwa pada Maret 2010 di rumahnya. Aksi cabul ini akhirnya diketahui orang tua korban yang langsung melaporkan terdakwa ke kantor polisi ter-dekat. Perbuatan terdakwa diancam pidana pada pasal 81 ayat (1) Undang-undang Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. (son)

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s