Orang Tua Siswa Kecewa Pengumuman PPDB Dibatalkan


Bekasi – Sejumlah orang tua calon siswa jalur bina lingkungan di Kota Bekasi, Jawa Barat, mempertanyakan alasan pemerintah setempat menunda proses pengumuman hasil seleksi.

“Sesuai aturannya, pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) diumumkan hari ini, tapi dibatalkan hingga batas waktu yang tidak jelas,” ujar perwakilan orang tua siswa di SMAN 2 Kota Bekasi, Sudarsono (40), di Bekasi, Selasa.

Warga Kampung 200, Kelurahan Margahayu, Bekasi Selatan, itu mengatakan, penundaan tersebut membuat warga yang mendaftarkan anaknya melalui jalur bina lingkungan resah. Sebab, jadwal pelaksanaan Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) yang disusun masing-masing sekolah sudah semakin dekat.

“Sementara kejelasan anak kami diterima atau tidaknya masih belum pasti,” ujarnya.

Seperti terpantau di SMAN 2 dan SMAN 6 Kota Bekasi, sejumlah orang tua siswa sudah berkumpul untuk melihat pengumuman pendaftar yang dinyatakan lulus dari jalur bina lingkungan.

Beberapa di antaranya datang berkali-kali dalam rentang waktu tertentu untuk kembali memastikan pengumuman sudah dipampang.

Namun yang mereka dapati hanya secarik kertas bertuliskan “Pengumuman PPDB Jalur Bina Lingkungan Diundur Menunggu Keputusan Dinas Pendidikan Kota Bekasi”.

“Ada apa ini, sampai ada pengunduran begini. Jangan-jangan dijadikan `mainan` dulu,” ujar Yatni (43) orang tua siswa di SMA6 Kota Bekasi.

Pernyataan tersebut terlontar dari mulutnya karena informasi dari kerabat bahwa jalur bina lingkungan selalu dijadikan permainan oleh oknum-oknum tertentu. Seperti yang terjadi tahun-tahun sebelumnya.

“Pengumuman jalur ini ditunda dan begitu diumumkan, jumlah siswa yang diterima membeludak melebihi kuota yang sudah ditetapkan sebelumnya. Padahal di sisi lain, banyak sekolah swasta yang kekurangan siswa karena tersedot ke sekolah negeri,” ujarnya.

Operator PPDB SMAN 6 Kota Bekasi, Kosasih, mengakui ada pengunduran pengumuman. Namun ia sendiri tidak tahu apa alasan pengunduran tersebut.

“Keputusannya ada di Dinas Pendidikan. Mungkin belum selesai diolah datanya,” ujarnya.

Menurut dia, ada 250 pendaftar yang berminat masuk SMAN 6 melalui jalur bina lingkungan. Namun kuota yang tersedia hanya 107 kursi.

“Tahun lalu juga yang mendaftar kemari banyak. Begitu diumumkan, jumlahnya melebihi kuota sehingga harus dibuka empat rombongan belajar tambahan,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Encu Hermana tidak berada di kantornya untuk dimintai konfirmasi. Nomor telefon selulernya pun tidak aktif saat akan dihubungi. (Son)

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s