Kejati Minta BPK Serahkan Audit PDAM


Makassar – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Selatan telah meminta kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk segera menyerahkan hasil auditnya yang menerangkan adanya kerugian negara sebesar Rp38 miliar pada kerjasama PDAM Makassar dengan pihak ketiga, demikian dikatakan Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Humas Kejati Sulselbar Nur Alim Rachim kepada tim redaksi website kejaksaan R.I., Senin (9/7).

Menurutnya, hasil audit yang dilakukan BPK RI itu hingga saat ini belum juga dimiliki oleh penyidik pidana khusus kejati dan pihaknya mengaku belum bisa menjadikan pemberitaan media sebagai dasar untuk menindaklanjuti proses penyelidikan maupun penyidikan itu.

Dengan adanya hasil audit BPK RI itu, diharapkan tim pidsus kejati akan segera mendalaminya dan memanggil sejumlah yang terkait untuk dimintai keterangannya.

“Hingga saat ini, kami hanya melakukan pemantauan saja melalui pemberitaan media dan belum ada laporan yang masuk. Seandainya saja laporan hasil audit itu sudah kami miliki, maka pasti kami akan segera menindaklanjutinya,”tuturnya.

Untuk diketahui dalam dugaan kasus korupsi di tubuh PDAM Makassar ini, BPK RI yang bekerja sama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulsel menemukan adanya potensi kerugian negara yang nilainya di atas Rp520 miliar atau setengah triliun lebih.

Berdasarkan dengan potensi kerugian serta temuan BPK itu, pihak kejaksaan kemudian menindaklanjutinya dengan melakukan pengumpulan bahan keterangan dan data untuk selanjutnya ditingkatkan statusnya jika dikemudian hari menemukan adanya terjadi kerugian negara (son)

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s