Kejaksaan Selidiki Lahan Gerai Samsat Sepatan


Banten – Pengadaan lahan untuk Gerai Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang, bermasalah. Proyek senilai Rp 1,4 miliar tahun 2011 ini diselidiki Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten karena ada indikasi uang negara dikorupsi.

Menurut Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Humas Kejati Banten Mustaqim, penyelidikan mulai digelar Juni 2012 menyusul penemuan pulbaket (pengumpulan bahan dan keterangan) yang mengindikasikan proyek di Biro Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Banten itu merugikan keuangan negara.

“Pengadaan tanahnya bermasalah. Ditingkatkan ke penyelidikan karena hasil pemeriksaan dokumen pengadaan, ada indikasi penyimpangan. Luas tanahnya 3.500 meter persegi, sedangkan anggarannya Rp 1,4 miliar,” ungkapnya, Kamis (5/7).

Jaksa penyelidik belum bisa memastikan jenis penyimpangan dalam proyek tersebut, mark up atau kemahalan harga pembebasan lahan. Meskipun, sejumlah pihak terkait pengadaan lahan Samsat Sepatan telah dimintai keterangan. Antara lain, tim teknis pengadaan lahan, pemilik lahan, camat, kepala desa (kades), dan Badan Pertanahan Nasional (BPN). “Sudah dimulai tiga minggu lalu, kurang lebih ada sepuluh orang,” kata Mustaqim.

Gerai Samsat Sepatan di depan SPBU Pasar Sepatan telah diresmikan pada 27 Mei 2011. Gerai ini melayani wajib pajak kendaraan bermotor di 10 kecamatan. Di antaranya, Kecamatan Rajek, Sepatan, Sepatan Timur, Mauk, Kronjo, Paku Haji, Teluk naga, Sukadiri dan Pasar Kemis. (son)

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s