UNIONPERS
KRIMINAL
PROFIL UNIONPERS

Dipecat, Guru PNS Pemakai Ijazah Palsu


Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bekerja sebagai guru yang terbukti memakai ijazah palsu buatan Sucipto dipastikan akan dipecat secara tidak hormat.

Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jatim, Salamun menegaskan, sanksi bagi guru yang memakai ijazah palsu sudah cukup jelas mengacu Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 74 Tahun 2008 Pasal 63. “Di situ disebutkan, pemberian sanksi mulai dari peringatan hingga pencabutan dan pemecatan,” katanya, Rabu (20/6/2012).

Pihaknya mengaku sudah menurunkan tim khusus yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan di kabupaten/kota dan Polda Jatim untuk mendata dan melacak ijazah para guru yang diduga palsu. Informasi yang ada menyebutkan, dari 1.661 ijazah palsu yang disebar Sucipto, 60 persen pembelinya dari kalangan guru PNS.

Salamun mengingatkan, masalah ijazah dalam dunia pendidikan adalah sesuatu yang harus diteliti lebih selektif keabsahannya. “Ijazah merupakan kelengkapan administratif yang secara identitas menjadi pertanggungjawaban secara pribadi maupun kehormatan,” jelasnya.

Seperti yang diberitakan, jajaran Ditreskrimsus Polda Jatim akhir Mei lalu menangkap Sucipto (48), pelaku utama pemalsuan ijazah sarjana di kediamannya Jalan Hasanudin, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Pecatan dosen Universitas Dr Soetomo Surabaya itu menjual ijazah palsu untuk S1 dan akta IV dibandrol Rp 12,5 juta, S2 seharga 20 juta, dan S3 dijual Rp 70 juta. Nama perguruan tinggi swasta yang dipakai antara lain, Universitas Dr Soetomo Surabaya, Universitas Merdeka Malang, Universitas Darul Ulum Jombang. (son/net)

Iklan

About unionpers

ORGANISASI WARTAWAN UNIONPERS BERDIRI SEJAK TAHUN 2004, AKTA NOTARIS : No 01/05/10/2005, MARLIANSYAH, SH, E-mail: unionpers@yahoo.com, REKENING BANK MANDIRI NO : 132 00 1264034-9, CABANG SADANG, PURWAKARTA ATAS NAMA REKSON HERMANTO (BENDAHARA)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BERITA

%d blogger menyukai ini: