Dipecat, Guru PNS Pemakai Ijazah Palsu


Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bekerja sebagai guru yang terbukti memakai ijazah palsu buatan Sucipto dipastikan akan dipecat secara tidak hormat.

Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jatim, Salamun menegaskan, sanksi bagi guru yang memakai ijazah palsu sudah cukup jelas mengacu Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 74 Tahun 2008 Pasal 63. “Di situ disebutkan, pemberian sanksi mulai dari peringatan hingga pencabutan dan pemecatan,” katanya, Rabu (20/6/2012).

Pihaknya mengaku sudah menurunkan tim khusus yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan di kabupaten/kota dan Polda Jatim untuk mendata dan melacak ijazah para guru yang diduga palsu. Informasi yang ada menyebutkan, dari 1.661 ijazah palsu yang disebar Sucipto, 60 persen pembelinya dari kalangan guru PNS.

Salamun mengingatkan, masalah ijazah dalam dunia pendidikan adalah sesuatu yang harus diteliti lebih selektif keabsahannya. “Ijazah merupakan kelengkapan administratif yang secara identitas menjadi pertanggungjawaban secara pribadi maupun kehormatan,” jelasnya.

Seperti yang diberitakan, jajaran Ditreskrimsus Polda Jatim akhir Mei lalu menangkap Sucipto (48), pelaku utama pemalsuan ijazah sarjana di kediamannya Jalan Hasanudin, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Pecatan dosen Universitas Dr Soetomo Surabaya itu menjual ijazah palsu untuk S1 dan akta IV dibandrol Rp 12,5 juta, S2 seharga 20 juta, dan S3 dijual Rp 70 juta. Nama perguruan tinggi swasta yang dipakai antara lain, Universitas Dr Soetomo Surabaya, Universitas Merdeka Malang, Universitas Darul Ulum Jombang. (son/net)

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s