Ramai Kapal Pesiar Internasional Sandar di Sibolga


Ramai Kapal Pesiar Internasional Sandar di Sibolga
Sibolga – Pelabuhan Sibolga akan dikunjungi kapal pesiar bertaraf internasional untuk membawa turis mancanegara yang diharapkan akan mendorong industri pariwisata di wilayah itu semakin berkembang. “Hal itu sebagai bukti keseriusan kami mendukung program Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) memajukan sektor pariwisata yang digalakkan dalam slogan Negeri Wisata Sejuta Pesona,” kata Manajer PT Pelindo I Sibolga, Sihar Sihite di Pandan, Sumatera Utara.

Dengan demikian, kata dia, Kota Sibolga dan Kabupaten Tapteng akan semakin berkembang, karena diramaikan kunjungan kapal pesiar bertaraf dunia membawa turis mancanegara untuk menikmati pesona pariwisata yang ada di kedua daerah tersebut.

Memang, menurut Sihar, tidak mudah meyakinkan pihak pengelola kapal pesiar kelas dunia masuk ke pelabuhan Sibolga, karena. syaratnya cukup banyak, di antaranya, waktu singgah kapal (port stay) di suatu pelabuhan yang hanya berkisar enam jam, terhitung mulai turun hingga kembali ke kapal.

Dikatakannya pada prinsipnya mereka siap menerima kunjungan kapal pesiar kelas dunia di Pelabuhan Sibolga, namun mengingat waktu singgah di Pelabuhan yang relatif singkat, pihaknya harus dapat meyakinkan pengelola kapal pesiar kelas dunia untuk masuk ke Pelabuhan Sibolga.

Untuk merealisasikan kunjungan kapal pesiar dimaksud, pihaknya mengajak Bupati Tapteng Raja Bonaran Situmeang secara bersama-sama meyakinkan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Direktorat Jenderal Pemasaran Wisata agar menjadikan Sibolga sebagai salah satu pelabuhan tujuan kunjungan kapal pesiar bertaraf internasional.

Sebab, kata Sihar, pihaknya tidak bisa jalan sendiri, namun harus didukung seluruh pemangku kepentingan di wilayah itu, sehingga para pejabat berkompeten di Kementerian Pariwisata dapat diyakinkan.

Ia menjelaskan, PT Pelindo I, menguasai pelabuhan umum yang beroperasi di empat Provinsi, yakni, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau dan Aceh, namun pada tahun 2011 hanya dua pelabuhan yang diundang menyampaikan kesiapan infrastruktur ke pelabuhanan menyambut kunjungan kapal pesiar kelas dunia, yaitu Pelabuhan Sibolga dan Belawan. “Pihak Kementerian Pariwisata telah mengundang kami mengikuti Rakornas pengembangan wisata kapal pesiar di Indonesia,” katanya. (red)

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s