Rutan Tanjug Gusta Medan di Demo


Medan Pelita RAKYAT

Ratusan Warga Dusun V Aman Damai, desa Harapan Maju Kecamatan Selepan, Langkat mendatangi rumah tahanan (Rutan) kelas I Tajung Gusta Medan, Rabu (30/5) sore sekitar pukul 17.00 kedatangan warga meminta kepada pihak Rutan untuk segera melepaskan warganya yang ditangkap oleh petugas Taman Nasional Gunung Lauser (TNGL) beberapa bulan yang lalu.
Informasi berhasil dihimpun di Rutan kelas I Tajung Kusta Medan ini menyebutkan, penangkapan warga yang diketahui bernama Suyatno (50) dusun V Desa Harapan Maju Kecamatan Selepan Langkat, ditangkap oleh petugas TNGL diduga melakukan penebangan pohon di kawasan TNGL, Suyatno ditangkap disebuah warung kopi di desa Harapan Maju pada 5 April 2012 yang lalu. Akibatnya Suyatno dijebloskan petugas TNGL ke dalam penjara, akhirnya, kemarin Suyatno di dihadapkan di persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Medan, namun dalam persidangan itu majelis hakim memutuskan Suyatno bebas murni, pasalnya penangkapan Suyatno tidak sesuai dengan prosedur. Persidangan tersebut dihadiri oleh ratusan warga ini, mendengar hasil putusan tersebut, warga yang mengikuti sidang ini, sontak gembira, dengan kegembiraan ini, warga usai mengikuti sidang mendatangi Rutan untuk meminta kepada pihak rutan segera membebaskan Suyatno.Setelah beberapa jam menunggu didepan pintu masuk Rutan, pihak Rutan mendatangi warga dengan mengatakan akan dibebaskan Suyatno setelah pihak Kejaksaan Negeri Medan melengkapi administrasi bebas murni Suyatno ini.
Sementara itu, kuasa hukum Suyatno dari LBH Tri Sila, Syamsul Arifin mengatakan kedatangan ratusan warga ke Rutan Kelas I Tajung Kusta merupakan bentuk eforia warga yang menyaksikan persidangan klaennya yang dibebaskan secara murni oleh pihak PN Medan.”Gak terjadi apa-apa ini bang, ini sebagai bentuk spontanitas warga ketika mendengar Suyatno bebas murni.”Ungkapnya.
Lanjutnya, warga ini hanya ingin segera Suyatno di keluarkan segera dari sel penjara milik Rutan Kelas I Tajung Gusta Medan ini.”Warga hanya meminta segera Suyatno di keluarkan, namun itu harus ada prosedurnya.”Ujarnya.Setelah mendapat penjelas dari pihak rutan, akhirnya warga membubarkan diri dari Rutan Kelas I Tajung Kusta Medan ini, dengan menumpang truk dan bus warga pun meninggalkan lokasi dan kembali kerumahnya masing-masingSementara itu , Humas Kanwil Hukum dan HAM Sumut, Sapawi kepada wartawan mengatakan, kedatangan masyarakat Langkat tersebut ke Rutan untuk meminta rekan mereka segera dibebaskan.“ Mereka hanya meminta kepastian kapan Suyatno dibebaskan sebagaimana putusan Prapid PN Medan,” ujarnya sambil menambahkan bahwa pihak rutan belum bisa melaksanakan putusan hakim PN Medan tersebut dikarenakan penetapannya belum sampai. Meskipun demikian ujar Sapawi lebih lanjut pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak kejaksaan yang berwenang melakukan eksekusi terhadap penetapan hakim tersebut. Sebelumnya, Humas PN Medan Achmad Guntur kepada wartawan mengatakan, materi pokok perkara yang menjerat Suyatno belum ada masuk ke pengadilan. (BS)

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s