UNIONPERS
KRIMINAL
PROFIL UNIONPERS

TERDAKWA ANGGOTA DPRD TASIKMALAYA Gelapkan Uang Ingin Jadi Ketua DPRD


TERDAKWA ANGGOTA DPRD TASIKMALAYA
Gelapkan Uang Ingin Jadi Ketua DPRD

Jakarta, Pelita RAKYAT
Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur yang diketuai, Ketua Pengadilan menyidangkan terdakwa Jainal Abidin anggota DPRD Kota Tasikmalaya dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Pasalnya, Jainal Abidin terbukti menggelapkan uang masyarakat dari yang bernama Manonggor Nababan (korban) sebesar Rp 478 juta.

Kronilogis, awalnya saksi yang bernama Bambang memperkenalkan Jainal Abidin (terdakwa) kepada saksi korban Manonggor Nababan, maksud terdakwa untuk meminjam uang, butuh dana untuk meloloskan dia sebagai Ketua DPRD Tasikmalaya. Karena saksi korban Manongor Nababan menghargai, saksi langsung merestui.

Saksi Manonggor Nababan memberikan uang tersebut kepada Jainal secara bertahap, (1) pada tanggal 30 Mei sebesar Rp 50 juta diserahkan di Restoran Makan Betawi Taman Mini Cipayung, Jakarta Timur, (2) pada tanggal 7 Agustus uang Rp 10 juta diserahkan di Restoran Makan Mall Taman Mini, (3) pada tanggal 11 Agustus uang Rp 100 juta di Restoran Taman Mini, (4) uang Rp 18 juta melalui BCA, (5) pada tangal 29 Agustus sebesar Rp 300 juta. Total jumlah Rp 478.000.000,-.

Adapun peminjaman tersebut karena terdakwa menjanjikan ada proyek yang akan diberikan kepada saksi korban. Terdakwa memberikan jaminan 1 buah akte hibah No. 48/2003 tanah seluas 18 m2, 2 buah sertifikat tanah milik No.149 atas nama Idon yang satu sertifikat milik No. 00634 atas nama ibu terdakwa.

Menurut saksi korban, surat tanah yang diterimanya palsu semua dalam tandanya keasliannya. Janji punya janji, tunggu punya tunggu, anggota DPRD yang menjanjikan proyek ini adalah bohong belaka. Akhirnya duduklah dia sekarang dikursi pesakitan, bukan lagi duduk di kursi Ketua DPRD.

Jainal Abidin telah penjara di rumah tahanan Cipinang dan berkas dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Jakarta Timur. Jainal telah ditahan di Rutan Cipinang sejak 3 Februari lalu. Sanksi dari DPRD kepada Jainal bergantung pada hukuman yang dijatuhkan pengadilan.

Jika hukuman yang diberikan minimal 5 tahun, maka DPRD akan segera melakukan pergantian antar waktu (PAW). Namun, jika hukuman kurang dari 5 tahun, maka yang bersangkutan hanya akan diberikan sanksi pemberhentian sementara.

ZAINAL ABIDIN, DIPASTIKAN DIPECAT
Zainal Abidin, dipastikan dipecat alias terkena pergantian antar waktu (PAW) dari keanggotaan DPRD. Hal itu lantaran berkas kasus Zainal telah ditangani Kejaksaan Negeri Jakarta Timur. “Ya Zainal berpeluang besar (dipecat) kalau proses hukumnya berjalan. Karena memang ada aturan yang dilanggar, seperti tidak masuk lebih 3 bulan berturut-turut,” ujar Ketua Badan Kehormatan Dewan (BK) Rahmat Durahmat.
Ketua DPRD Kota Tasik, Drs. Otong Koswara mengatakan, pihaknya telah menerima Surat permohonan ijin tersebut dilayangkan oleh Polres Metro Jakarta Timur kepada Gubernur Jawa Barat yang tembusannya disampaikan pula kepada DPRD Kota Tasikmalaya. “Ya, kami telah menerima surat tembusannya,” kata Ketua DPRD Kota Tasik, Drs. Otong Koswara (Bens)

About unionpers

ORGANISASI WARTAWAN UNIONPERS BERDIRI SEJAK TAHUN 2004, AKTA NOTARIS : No 01/05/10/2005, MARLIANSYAH, SH, E-mail: unionpers@yahoo.com, REKENING BANK MANDIRI NO : 132 00 1264034-9, CABANG SADANG, PURWAKARTA ATAS NAMA REKSON HERMANTO (BENDAHARA)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BERITA

%d blogger menyukai ini: