UNIONPERS
KRIMINAL
PROFIL UNIONPERS

Perusahaan Pers Didesak Untuk Lindungi Wartawan



Jakarta, PR
Wakil Ketua Komisi IX DPR Irgan Chairul Mahfiz mendesak keras perusahaan pers untuk melindungi wartawan. “Banyak sekali persoalan yang dihadapi wartawan dan Komisi IX DPR mendesak keras perusahaan pers untuk memberikan perlindungan kepada wartawannya secara optimal,” katanya di Jakarta, Senin, berkaitan rencana seminar “Keselamatan Jurnalis Dalam Liputan Berisiko Tinggi” di Wisma Antara Jakarta 12 Juni mendatang.

Irgan mengaku kerap dilapori soal perlindungan wartawan yang umumnya belum baik karena tidak dilindungi perusahaan tempat mereka bekerja, bahkan diperlakukan diskriminatif. “Wartawan seharusnya tidak dianggap sebagai karyawan biasa saja. Harus dibekali dengan jaminan perlindungan agar dapat menjalankan tugas secara profesional,” kata politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

Mantan Sekretaris Jenderal DPP PPP itu menyebutkan banyak wartawan menjadi korban kekerasan bahkan pembunuhan atau menghadapi tugas berisiko tinggi di daerah konflik dan bencana. “Pada umumnya mereka tak dibekali dengan perlindungan yang memadai,” katanya.

Ia menyarankan perusahaan pers untuk memberikan asuransi yang optimal kepada wartawan sebelum mereka ditugaskan. “Harus ada alokasi dana khusus untuk memberi perlindungan atau jaminan, jangan sampai dana itu dipotong dari gaji wartawan,” katanya saat beraudiensi dengan panitia penyelenggara seminar keselamatan jurnalis itu dari Serikat Pekerja Antara.

Ia menegaskan wartawan bekerja profesional bila mereka fokus pada tugasnya. Irgan juga menegaskan wartawan bukanlah alat produksi, melainkan aset utama dan pilar kemajuan perusahaan. “Jangan jadikan wartawan sebagai subsistem tetapi satu kesatuan yang equal (setara) dengan perusahaan,” katanya sembari mengatakan perusahaan pers jangan hanya memikirkan usaha namun juga optimalisasi kesejahteraan wartawan. (red/sd/ant)

About unionpers

ORGANISASI WARTAWAN UNIONPERS BERDIRI SEJAK TAHUN 2004, AKTA NOTARIS : No 01/05/10/2005, MARLIANSYAH, SH, E-mail: unionpers@yahoo.com, REKENING BANK MANDIRI NO : 132 00 1264034-9, CABANG SADANG, PURWAKARTA ATAS NAMA REKSON HERMANTO (BENDAHARA)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BERITA

%d blogger menyukai ini: