Polres Akan Periksa Kepala SDN Kutapohaci Terkait Dana Bos


Karawang, PR

Diduga memanipulasi jumlah penerima dana biaya operasional sekolah (BOS), Kepala Sekolah SDN Kutapohaci, Kecamatan Ciampel, Sur, dilaporkan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pemuda Peduli Pembangunan dan Ekonomi Rakyat (Garda-P3ER) ke Kepolisian Resort Karawang, Selasa (22/5).

Ketua Bidang Investigasi Garda – P3ER, Maruli mengatakan, pihaknya menduga manipulasi jumlah siswa penerima bos dilakukan sejak tahun 2005 hingga 2011. Hal itu dengan adanya ketidak-sesuaian jumlah penerima yang diajukan dengan jumlah riil di sekolah tersebut. “Kami langsung melakukan cross check ke sekolah dan ternyata memang terjadi selisih jumlah siswa,” kata Maruli.

Disebutkan, berdasarkan data tahun 2011, pihak sekolah mengajukan 656 siswa sebagai penerima dana bos dengan alokasi anggaran masing-masing Rp 397 ribu per siswa. Namun pada kenyataannya penerima dana bos hanya sebanyak 641 siswa.  Akan tetapi sejak diberlakukannya sistem nomor induk siswa sebagai dasar pengajuan, lanjut Maruli, pihak sekolah mengajukan sesuai dengan jumlah siswa yang ada. Namun demikian pihaknya tetap melaporkan kasusnya ke Polres Karawang.

“Kami tetap melakukan laporan, dan yang dipersoalkan bukan dilihat dari nominalnya tapi lebih kepada adanya perilaku korupsi,” ujar Maruli. Maruli menduga manipulasi jumlah siswa penerima bos terjadi di hampir setiap sekolah. Untuk itu Garda – P3ER meminta agar pihak kepolisian menindaklanjuti laporannya. “Terjadinya penyimpangan dana bos dikarenakan lemahnya pengawasan dalam penyalurannya,” ujar dia.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Agus Supriatman menyatakan, pihaknya menyerahkan kasus tersebut kepada aparat hukum. “Jika memang itu terbukti maka kasusnya pun pasti akan diteruskan oleh aparat pengak hukum,” kata Agus. (PR/ad)

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s