Kejati Mengantogi Tersangka Baru


Makasar, Pelita RAKYAT
Setelah mantan Ketua Bidang UrusanAgama (Urais) Kementerian Agama (Kemenag) Sulsel, Rafi Anci, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel kembali akan mengumumkan tersangka lain dalam kasus proyek block grant. Asisten Pidana Khusus (Aspidus) Kejati Sulsel, Chaerul Amir, bahkan mengatakan, pihaknya sudah mengantongi nama tersangka baru.

Chaerul mengatakan, hasil pengembangan dan penyidikan kasus ini ditemukan jika pelanggaran bukan hanya Pasal 2 dan 3 Undang-Undang (UU) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Namun, ada tersangka yang dijerat dengan pasal tentang pemalsuan dokumen, suap-menyuap, dan gratifikasi.

“Pada program bantuan dana untuk madrasah-madrasah se-Sulsel ini di lingkup Kementerian Agama
Sulsel, permasalahannya cukup kompleks. Pengembangan penyidikan menunjukkan bukan hanya pelanggaran undang-undang tipikor saja. Calon-calon tersangkanya sudah ada,” jelas Chaerul, kemarin.

Informasi lain yang dihimpun menunjukkan, dalam kasus ini ada oknum di Kemenag Sulsel yang diduga kuat telah menyiapkan enam perusahaan rekanan sebagai penyedia barang kebutuhan madrasah. Sehingga setelah anggaran cair, para kepala sekolah kemudian diarahkan membeli barang kebutuhan sesuai dengan peruntukan anggaran di enam perusahaan yang telah disiapkan itu.

Proyek block grant sendiri adalah bentuk bantuan pengadaan dengan penerima beberapa pihak. Khusus untuk proyek block grant di Kemenag Sulsel bentuknya adalah bantuan pengadaan peralatan multimedia dan laboratorium di madrasah dan tsanawiyah.

Dugaan terjadinya kerugian negara mulai diselidiki oleh Kejati Sulsel pada tahun 2009 setelah kasus ini termuat di FAJAR. Namun, penyelidikan terhenti pada periode 2010-2011. Kejati beralasan, pihaknya masih menunggu hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan. Setelah awal April lalu hasil audit diterima Kejati, kasus ini mulai dibuka lagi. (FO.RH)

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s