Polisi Usut Oknum Bea Cukai Priok Terkait Sabu Senilai Rp702 Miliar


Jakarta, Pelita RAKYAT
Polisi sedang memeriksa jalur masuk serbuk sabu senilai Rp702 miliar melalui Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Jika terbukti penyeludupan itu atas andil oknum petugas Bea dan Cukai, maka pasti yang bersangkutan akan kena sanksi.
“Di negara ini tidak ada yang kebal hukum, kalau terbukti semuanya pasti diberikan sanksi,” Tegas Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Untung S Rajab, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (25/5). Dia mengatakan, saat ini petugas masih melakukan pemeriksaan kepada 3 petugas kepabeanan yang bekerja di bagian gudang. Tiga orang petugas tersebut diperiksa di bagian Narkoba Polda Metro Jaya. “Kalau ada kejahatan siapapun pasti kita periksa,” ucapnya.

Sementara itu Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto, mengatakan tidak semua barang yang masuk ke Indonesia melewati sensor X-Ray. Kemungkinan celah tersebut yang dimanfaatkan oleh para penyelundup. “Tidak semua bisa diperiksa X-ray, Jadi petugas yang memeriksa hanya mengambil sample dari barang yang dikirimkan, setelah diambil secara random lalu pas dilihat isinya makanan ikan dan langsung dimasukkan kembali,” kata Rikwanto, dalam kesempatan yang sama.

Hal itu terjadi karena alat sensor X-Ray di Indonesia masih sangat minim. Ia menambahkan, minimnya fasilitas tersebut bisa menjadi salah satu penyebab lolosnya senilai ratusan miliar tersebut.

“Hal itu juga yang bisa menyebabkan lolosnya shabu tersebut, karena kapasitas yang dimiliki untuk memeriksa di Indonesia masih terbatas,” pungkasnya. Sebelumnya diberitakan, Sabu 300 kilogram Rp702 miliar dikemas dalam dus pakan ikan “Arowana Food.” Sabu impor dari China ini diselundupkan ke Indonesia via Pelabuhan Tanjung Priok. Kepala Sundit II Narkoba Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya, AKBP Eko Saputro, mengatakan sabu tersebut diduga berasal dari China. “Diselundupkan ke Indonesia melalui Malaysia melalui Pelabuhan Tanjung Priok,” kata Eko kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (10/5). (dtc/)

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s