UNIONPERS
KRIMINAL
PROFIL UNIONPERS

Polisi Usut Oknum Bea Cukai Priok Terkait Sabu Senilai Rp702 Miliar


Jakarta, Pelita RAKYAT
Polisi sedang memeriksa jalur masuk serbuk sabu senilai Rp702 miliar melalui Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Jika terbukti penyeludupan itu atas andil oknum petugas Bea dan Cukai, maka pasti yang bersangkutan akan kena sanksi.
“Di negara ini tidak ada yang kebal hukum, kalau terbukti semuanya pasti diberikan sanksi,” Tegas Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Untung S Rajab, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (25/5). Dia mengatakan, saat ini petugas masih melakukan pemeriksaan kepada 3 petugas kepabeanan yang bekerja di bagian gudang. Tiga orang petugas tersebut diperiksa di bagian Narkoba Polda Metro Jaya. “Kalau ada kejahatan siapapun pasti kita periksa,” ucapnya.

Sementara itu Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto, mengatakan tidak semua barang yang masuk ke Indonesia melewati sensor X-Ray. Kemungkinan celah tersebut yang dimanfaatkan oleh para penyelundup. “Tidak semua bisa diperiksa X-ray, Jadi petugas yang memeriksa hanya mengambil sample dari barang yang dikirimkan, setelah diambil secara random lalu pas dilihat isinya makanan ikan dan langsung dimasukkan kembali,” kata Rikwanto, dalam kesempatan yang sama.

Hal itu terjadi karena alat sensor X-Ray di Indonesia masih sangat minim. Ia menambahkan, minimnya fasilitas tersebut bisa menjadi salah satu penyebab lolosnya senilai ratusan miliar tersebut.

“Hal itu juga yang bisa menyebabkan lolosnya shabu tersebut, karena kapasitas yang dimiliki untuk memeriksa di Indonesia masih terbatas,” pungkasnya. Sebelumnya diberitakan, Sabu 300 kilogram Rp702 miliar dikemas dalam dus pakan ikan “Arowana Food.” Sabu impor dari China ini diselundupkan ke Indonesia via Pelabuhan Tanjung Priok. Kepala Sundit II Narkoba Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya, AKBP Eko Saputro, mengatakan sabu tersebut diduga berasal dari China. “Diselundupkan ke Indonesia melalui Malaysia melalui Pelabuhan Tanjung Priok,” kata Eko kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (10/5). (dtc/)

About unionpers

ORGANISASI WARTAWAN UNIONPERS BERDIRI SEJAK TAHUN 2004, AKTA NOTARIS : No 01/05/10/2005, MARLIANSYAH, SH, E-mail: unionpers@yahoo.com, REKENING BANK MANDIRI NO : 132 00 1264034-9, CABANG SADANG, PURWAKARTA ATAS NAMA REKSON HERMANTO (BENDAHARA)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BERITA

%d blogger menyukai ini: