DPRD Bekasi Kesulitan Menilai Kinerja Pemerintah


Bekasi, Pelita RAKYAT – DPRD Kota Bekasi, Jawa Barat, kesulitan menilai laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPj) 2011 pemerintah setempat yang hanya bersifat kompilasi dan belum menggambarkan kinerja.

“LKPj yang diserahkan Pemkot Bekasi lebih berupa kompilasi laporan dari tiap-tiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang kemudian dijilid menjadi satu,” ujar anggota panitia khusus (Pansus) pembahasan LKPj 2011, Ariyanto Hendrata, di Bekasi, Selasa.

Menurut politisi PKS itu, laporan yang dicantumkan pun hanya terfokus pada besar anggaran yang diajukan untuk tiap-tiap program berikut realisasinya. Sementara capaian dari program yang dilaksanakan tidak jelas tergambar dalam laporan tersebut.

“Tanpa ada gambaran begitu, dari mana kami tahu bahwa program tersebut efektif mencapai tujuan yang ingin dicapai. Semestinya hasil setelah program dijalankan turut dilaporkan,” katanya.

Salah satu laporan yang bermasalah itu di antaranya dari Dinas Kesehatan. Salah satu program yang dilaksanakan ialah pencegahan penyakit menular dengan memakan biaya Rp499 juta dari pagu anggaran yang disediakan Rp500 juta.

“Tapi seperti apa programnya, kami tidak bisa mengetahuinya dari laporan ini. Begitu juga dengan keberhasilannya. Data yang kami terima, kasus filariasis justru naik, padahal semestinya penyakit ini dapat diantisipasi penularannya,” katanya.

Jika dilampirkan perbandingan jumlah penderita sebelum dan setelah program dilaksanakan, keefektifannya bisa terlihat.

Secara umum, kata dia, capaian dari program-program pembangunan Pemerintah Kota Bekasi pun bisa terlihat. Sebab hal demikian tidak hanya terjadi di Dinas Kesehatan, tapi juga di semua SKPD yang ada.

“Penyerahan LKPj yang formatnya tidak detail ini terus berulang setiap tahun. Tiga tahun di masa kepemimpinan Mochtar Mohamad-Rahmat Effendi, tiga kali LKPj diserahkan. Tiga kali pula Pansus LKPj memberikan masukan yang sama, tapi tak pernah ditanggapi lebih lanjut berupa perbaikan,” katanya. (ant.son)

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s