UNIONPERS
KRIMINAL
PROFIL UNIONPERS

DPRD Bekasi Kesulitan Menilai Kinerja Pemerintah


Bekasi, Pelita RAKYAT – DPRD Kota Bekasi, Jawa Barat, kesulitan menilai laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPj) 2011 pemerintah setempat yang hanya bersifat kompilasi dan belum menggambarkan kinerja.

“LKPj yang diserahkan Pemkot Bekasi lebih berupa kompilasi laporan dari tiap-tiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang kemudian dijilid menjadi satu,” ujar anggota panitia khusus (Pansus) pembahasan LKPj 2011, Ariyanto Hendrata, di Bekasi, Selasa.

Menurut politisi PKS itu, laporan yang dicantumkan pun hanya terfokus pada besar anggaran yang diajukan untuk tiap-tiap program berikut realisasinya. Sementara capaian dari program yang dilaksanakan tidak jelas tergambar dalam laporan tersebut.

“Tanpa ada gambaran begitu, dari mana kami tahu bahwa program tersebut efektif mencapai tujuan yang ingin dicapai. Semestinya hasil setelah program dijalankan turut dilaporkan,” katanya.

Salah satu laporan yang bermasalah itu di antaranya dari Dinas Kesehatan. Salah satu program yang dilaksanakan ialah pencegahan penyakit menular dengan memakan biaya Rp499 juta dari pagu anggaran yang disediakan Rp500 juta.

“Tapi seperti apa programnya, kami tidak bisa mengetahuinya dari laporan ini. Begitu juga dengan keberhasilannya. Data yang kami terima, kasus filariasis justru naik, padahal semestinya penyakit ini dapat diantisipasi penularannya,” katanya.

Jika dilampirkan perbandingan jumlah penderita sebelum dan setelah program dilaksanakan, keefektifannya bisa terlihat.

Secara umum, kata dia, capaian dari program-program pembangunan Pemerintah Kota Bekasi pun bisa terlihat. Sebab hal demikian tidak hanya terjadi di Dinas Kesehatan, tapi juga di semua SKPD yang ada.

“Penyerahan LKPj yang formatnya tidak detail ini terus berulang setiap tahun. Tiga tahun di masa kepemimpinan Mochtar Mohamad-Rahmat Effendi, tiga kali LKPj diserahkan. Tiga kali pula Pansus LKPj memberikan masukan yang sama, tapi tak pernah ditanggapi lebih lanjut berupa perbaikan,” katanya. (ant.son)

About unionpers

ORGANISASI WARTAWAN UNIONPERS BERDIRI SEJAK TAHUN 2004, AKTA NOTARIS : No 01/05/10/2005, MARLIANSYAH, SH, E-mail: unionpers@yahoo.com, REKENING BANK MANDIRI NO : 132 00 1264034-9, CABANG SADANG, PURWAKARTA ATAS NAMA REKSON HERMANTO (BENDAHARA)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BERITA

%d blogger menyukai ini: