PUNGGUT BIAYA PEMBUATAN PRONA LSM FMBI Adukan Oknum Pegawai Kelurahan Bahagia ke Kejaksaan


PUNGGUT BIAYA PEMBUATAN PRONA
LSM FMBI Adukan Oknum Pegawai Kelurahan Bahagia ke Kejaksaan

Bekasi Pelita RAKTAT
Oknum pembuatan sertifikat Prona (Proyek Operasi Nasional Agraria) diwilayah Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi yang memungut biaya pembuatan sertifikat Prona sebesar Rp3.000.000/bidang, dilaporkan ke Kejaksaan Negeri Bekasi. Laporan tersebut no.0018/konf/Prn/GMBI/V/2011. Bocornya biaya pembuatan sertifikat Prona, adanya kwitansi yang di tanda tangani RT serta stempel Kelurahan.

Wawan Wahyudin (RA), Ketua Distrik Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Kabupaten Bekasi yang di dampingi tim 10 Damin dan Rudi di kantornya kepada Pelita RAKYAT mengatakan, pembuatan sertifikat Prona berdasarkan Kepres No 10 Tahun 2006 tentang Badan Pertanahan Nasional RI serta peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional No 3 tentang ketentuan pelaksanaan PP No 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah.

Serta Keputusan Menteri Dalam Negeri No 189 Tahun 1981, bahwa pengadaan Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) bagi para pemohon tidak dikenakan biaya alias gratis. Menurutnya, Prona tersebut sudah di biayai oleh pemerintah guna untuk membantu masyarakat yang tidak mampu untuk membuat Sertifikat tanah. Jelasnya.

Masih Lanjut RA. Diwilayah Kelurahan Bahagia Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi mendapatkan jatah pembuatan buku sertifikat Prona sebanyak 250 bidang. Kalau perbidang dikenakan biaya sebesar Rp 3 Juta uang yang masuk ke kantong Oknum sebesar Rp 750 Juta. “ ini namanya korupsi dan perlu di laporkan Karena sangat merugikan Masyarakat”, jelasnya.

Sementara Dani Syamsul Purnama yang ditunjuk sebagai Koordinator Prona tahun 2011 oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi saat di temui di Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi tidak berada ditempat, Menurut Dadang tim yang menangani Prona di wilayah Kelurahan Bahagia kepada wartawan mengatakan. Dani Samsul Purnama sedang tidak ada, beliau sedang keluar, jelasnya. (Anthony BB)

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s