Perusahaan Multinational di Batam Intimidasi Serikat Buruh


Perusahaan Multinational di Batam Intimidasi Serikat Buruh
Batam, Pelita RAKYAT
Ratusan karyawan PT Mc Dermot yang tergabung dalam Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Batam melakukan unjuk rasa di depan pintu masuk perusahaan, Sabtu kemarin.

Dalam aksinya, mereka menuntut teman mereka yang di PHK sepihak oleh Perusahaan PT Mc Dermot Batam. Tuntutan ini juga dilakukan karena yang di PHK merupakan seorang pengurus serikat buruh, yakni Ketua PUK SPSI PT Mc Dermot Batam, Syaripian.

Ketua KSPSI Kota Batam, Syaiful Badri Sofyan SH menegaskan, alasan Perusahaan melakukan PHK terhadap Syaripian adalah karena efesiensi, tetapi mengapa hanya Ketua Serikat Buruh yang di PHK ? ini jelas bentuk intimidasi terhadap serikat Buruh, tegas Ketua KSPSI Kota Batam.

Pemberhentian Ketua PUK SPSI PT Mc Dermot itu dianggap sebagai bentuk upaya mengintimidasi Buruh, karena Syaripian merupakan anggota Dewan Pengupahan, ia mengetahui banyak tentang upah bagi pekerja, sehingga dengan pemberhentianya itu merupakan bagian dari upaya untuk melemahkan dan mengendorkan serikat Buruh, terangnya.

PT Mc Dermot Merupakan Perusahaan Multi International (ILO), tetapi mereka sendiri tidak bisa mengikutinya. “Manejemen Perusahaan dipegang oleh orang Amerika yang katanya sangat demokratis tetapi nyatanya sikap yang mereka tunjukkan sangat arogan sekali” ini terlihat dari upaya upaya perundingan yang telah kita lakukan. Tampaknya ketidakmampuan seorang personalia untuk mengantisipasi perselisihan hubungan industrial dan paham akan aturan ketenagakerjaan yang berlaku di Indonesia.

“Sebelum melakukan PHK, seharusnya manajemen terlebih dahulu melakukan pembicaraan dengan Karyawan, jangan langsung main PHK”, kesalnya.
Menurut Syaiful, pihaknya sudah menyampaikan aspirasi kepada manajemen PT Mc Dermot. “ Tadi sudah dilakukan pertemuan dengan pihak manajemen, tetapi tidak adanya kesepakatan, karena kami hanya menyampaikan aspirasi kami saja” untuk itu kita menunggu jawaban dari manajemen pada tanggal 20 Juni nanti, jelasnya.

Saat melakukan aksi protes terhadap manejemen Perusahaan tampak karyawan beserta rombongan serikat mendapat pengawalan dari kepolisian yang telah bersiaga sejak pagi. Mereka datang dengan berkonvoi dan membawa atribut dari organisasi buruh (SPSI Red) sepanjang perjalanan disekitar lokasi aksi orasinya
Syaiful menambahkan.

“Kita dari KSPSI siap turun dengan massa yang lebih besar lagi untuk melakukan aksi Protes ke PT Mc Dermot apabila tanggal 20 Juni nanti Perusahaan tetap bersikeras memberhentikan Ketua PUK SPSI PT Mc Dermot ini, kita tidak bisa menerima keputusan tersebut, untuk itu kita siap berjuang agar Syaripian tidak diberhentikan. Tambah Syaiful. (Gun/Bud/Mat)

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s