UNIONPERS
KRIMINAL
PROFIL UNIONPERS

Pelaku Pemalsu Minyak Tanah Ditangkap, Puluhan Liter Solar Dan Minah Palsu Diamankan


Pelaku Pemalsu Minyak Tanah Ditangkap,
Puluhan Liter Solar Dan Minah Palsu Diamankan

Medan, Pelita RAKYAT
Akibat mahalnya harga minyak tanah (Minah), Pramono (53) warga Jalan Helvetia Raya, Kecamatan Medan Helvetia memalsukan atau membuat minyak tanah dari minyak solar dengan cara mencampurkan serbuk berupa Bieaching ke solar. Akibatnya, dia ditangkap aparat Kepolisian Sektor Medan Helvetia, Rabu kemarin sore.

Dari dalam gudang pembuat minyak tanah, petugas mengamankan puluhan liter solar yang masih asli maupun minyak tanah yang sudah berhasil dibuatnya (Minah Palsu) di dalam jerigen, serta serbuk Bieching alat campurannya pembuat Minah diamankan ke Mapolsek Helvetia.

Informasi yang dihimpun PR di TKP menyebutkan, Pramono semenjak dua bulan ini telah meracik minyak tanah dari minyak solar dengan cara mecampurkan bahan-bahan serbuk ke solar, hanya dalam waktu satu malam minyak solar yang lumayan kental bisa beruba menjadi encer seperti minyak tanah asli,” ujar Ikhsan salah seorang warga disana.

Akibatnya, warga dikawasan Helvetia khususnya yang mengunakan kompor dengan minyak tanah yang kami beli darinya susah hidup tidak seperti minyak tanah biasanya Ibu boru Simbolon mengatakan, minyak tanahnya ngeri kali kalo kita memasak hidungpun bisa hitam tapi karna minyak tanah silut gak apa-apala aku pake juga, katanya.

Bukan itu saja, bahkan sumbuh kompor cepat habis dibuatnya, akibat menggunakan minyak tanah palsu yang diracik pelaku. Dan harga yang dijualnya sama seperti minyak tanah asli mulai dari Rp 7 ribu-8 ribu,”ujarnya.

Pramono ketika dimintai keteranganya mengatakan, bahwa dirinya baru 3 bulan melakoni pekerjaanya sebagai pemalsu minah, “baru 3 bulan lah kukerjakan ini,” ujarnya. Lelaki yang rambutnya sudah mulai memutih itu mengaku bahwa bahan untuk mencampur itu dibeli dari kawasan JL Sutomo Medan. “Bahan campuranya dari Jl Sutomo, kubeli Solarnya Rp 4500/liter, kalau udah jadi minayak tanah kujual Rp 7000/liter. Gak tentu berapa liter yang laku. Tapi rata-rata ke warga biasa aja kujual,” ujarnya lagi.

Kapolsek Medan Helvetia, Kompol Sutrisno Hadi mengaku masih terus melakukan pemeriksaan terhadap pemalsu minyak tanah itu.
Kini, Pramono akan dikenakan UU Migas dengan ancaman kurungan penjara 5 tahun. (BS)

About unionpers

ORGANISASI WARTAWAN UNIONPERS BERDIRI SEJAK TAHUN 2004, AKTA NOTARIS : No 01/05/10/2005, MARLIANSYAH, SH, E-mail: unionpers@yahoo.com, REKENING BANK MANDIRI NO : 132 00 1264034-9, CABANG SADANG, PURWAKARTA ATAS NAMA REKSON HERMANTO (BENDAHARA)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BERITA

%d blogger menyukai ini: