Mungkinkah PDAM Tanpa Laporan Keuangan ?


Mungkinkah PDAM Tanpa Laporan Keuangan ?

Bandung, Pelita RAKYAT
Pertanyaan yang sangat menggelitik. Mungkinkan PDAM tanpa laporan keuangan ?
PDAM adalah perusahaan milik Pemerintah yang mempunyai tujuan ganda, yakni pemenuhan penyediaan air bersih dengan tarif yang terjangkau masyarakat berpenghasilan kecil, dan perolehan laba yang wajar. Perolehan laba yang wajar adalah hal yang penting untuk kelangsungan hidup perusahaan serta setoran ke Pemilik, yakni pemenuhan target PAD yang biasanya telah ditetapkan Pemerintah Daerah.

Dalam kenyataannya, PDAM terletak pada posisi kurang “bebas” dalam pencapaian laba, karena dibatasi oleh penentuan tarif penjualan air yang harus terjangkau oleh masyarakat menengah bawah, kadang bagi kepentingan umum air tidak dikenakan tarif, alias gratis, namun di sisi lain sebagai perusahaan, PDAM harus mencetak laba maksimum agar perusahaan bisa tetap beroperasi, bisa memenuhi target setoran PAD, dan juga agar bisa menyejahterakan karyawannya.

Belum lagi campur tangan pihak tertentu yang sering tidak menguntungkan PDAM, yang mengakibatkan PDAM sulit melangkah cepat mencapai tujuannnya. Sehingga tidak aneh bila masih ada sebagian PDAM yang kurang sehat, bahkan tidak sehat bila diukur dengan indikator keuangan. Sebagaimana diungkapkan BPKP bahwa masih ada PDAM yangbelum sehat, dan bahkan yang tidak diketahui sehat atau tidaknya, karena tidak ada laporan keuangan yang dibuat.

Sungguh sangat ironis sekali bila terdapat PDAM yang belum mempunyai laporan keuangan, padahal sekarang Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) sedang giat-giatnya memperbaharui standar pembuatan laporan keuangan, baik untuk perusahaan besar maupun perusahaan kecil (UKM) dalam rangka menghadapi globalisasi. Bila suatu perusahaan mempunyai asumsi going concern, artinya berharap akan terus beroperasi selamanya, maka akan berusaha menata diri agar mudah terpantau oleh stakeholder (investor, kreditor, masyarakat, pemerintah dll) baik aspek operasional maupun aspek keuangannya.

Jadi, aspek transparansi dan akuntabilitas selalu dikedepankan oleh perusahaan jenis ini. Sekarang, bagaimana bila perusahaan tidak mempunyai laporan keuangan, seperti halnya sebagian PDAM kita? Siapa yang bertanggung jawab menyusun laporan keuangannya? Bagaimana dampaknya bila tidak menyusun laporan keuangan (H3NY)

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s