UNIONPERS
KRIMINAL
PROFIL UNIONPERS

Kucuran ADD Ke 323 Desa Digerogoti


Kucuran ADD Ke 323 Desa Digerogoti

Majalengka, Pelita RAKYAT
Setiap tahun Alokasi Dana Desa (ADD ) yang besarannya terus meningkat, pada tahun 2011 sekarang ini mencapai Rp 40.125.000.000 yang dialokasikan ke 323 desa di 26 kecamatan se-Kabupaten Majalengka. Kucuran Dana Alokasi Desa di Majalengka untuk setiap Desa tidak sama tergantung jumlah penduduk, seperti contohnya Desa Kadipaten, di Kecamatan Kadipaten yang padat penduduknya mendapat Rp.222.327.000.-, sedangkan Desa Cikoneng, hanya mendapat Rp.100.000.000.-.

Ironisnya, ditengah –tengah sibuknya para Kepala Desa mempersiapkan pembangunan, disisi lain banyaknya keluhan adanya dana – dana yang harus dipersiapkan diluar acara pembangunan, yaitu adanya dana advokasi yang besarnya Rp. 500.000.- pembayaran penyusunan ADM (Admin Ministrasi untuk SPJ ) yang bervariasi, ada yang Rp 1000.000.- dan ada pula yang Rp 750.000. “Pemberian upeti kepada camat yang rata-rata setiap kecamatan antara Rp 2.000.000.- ada pula yang sampai Rp 3.000.000.- yang katanya akan dibagikan kepada karyawan kecamatan, belum lagi adanya penjualan baligho yang harganya rata-rata setiap desa Rp 250.000.- ,” keluhnya sejumlah kepala desa.

Ketika Kabag Tata Pemerintahan Rd. Muhamad Umar Ma,ruf S.sos Msi., dihubungi Pelita RAKYAT mengatakan, bahwa dana advokasi yang dipungut dari ADD ada aturannya, tapi tidak menjelaskan aturan tersebut, sedangkan Kabag Humas Pemda Majalengka Drs. Maman Sutiman ketika dikonfirmasi tentang dana Advokasi malah angkat handphone ke Kabag Tapem akhirnya terbukalah dimana dana advokasi adalah dana persiapan apabila di desa-desa tersebut ada yang bermasalah ujarnya. Jadi dijaman cikor (cinta korupsi ) orang sudah mempersiapkan perisai uang untuk menyuap seolah-olah bakal terjadi, ujar salah seorang kepala desa.

Padahal, pada waktu penyerahan dana ADD secara simbolis beberapa waktu yang lalu Bupati Majalangka H.Sutrisno SE.MSi mengatakan, Alokasi Dana Desa (-ADD) adalah salah satu upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka untuk mewujudkan optimalisasi otonomi Daerah dan sangat mendukung kelangsungan pembangunan di Desa-Desa dengan memberikan stimulant pembiayaan pembangunan yang ada di Desa-Desa.

Lebih lanjut H. Sutrisno menjelaskan bahwa ruh dari pemanfaatan, ADD ini, adalah bottom up planing yang melibatkan masyarakat Desa, sehingga terwujudnya pembangunan, dengan demikian program ini disusun sesuai kebutuhan masyarakat di Desa-Desa, yang merupakan skala prioritas pertama, harapnya. (Rustam Efendi)

About unionpers

ORGANISASI WARTAWAN UNIONPERS BERDIRI SEJAK TAHUN 2004, AKTA NOTARIS : No 01/05/10/2005, MARLIANSYAH, SH, E-mail: unionpers@yahoo.com, REKENING BANK MANDIRI NO : 132 00 1264034-9, CABANG SADANG, PURWAKARTA ATAS NAMA REKSON HERMANTO (BENDAHARA)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BERITA

%d blogger menyukai ini: