UNIONPERS
KRIMINAL
PROFIL UNIONPERS

Kepala SMPN 1 Wanasalam Nekat Pungli, Akan Diadukan


Kepala SMPN 1 Wanasalam Nekat Pungli, Akan Diadukan

Lebak, Pelita RAKYAT
SMPN 1 Wanasalam yang menjadi sekolah prioritas bagi masyarakat di sekitar Kecamatan Wanasalam, karena masyarakat menganggap SMPN 1 Wanasalam lebih berkualitas dan gratis tanpa ada pungutan apapun. Kenyataanya malah sebaliknya. Ternyata sekolah ini kini telah dipermak jadi sarang pungli, pelakunya pun melibatkan kepala sekolah dan komite sekolah.

Mereka dalam mengumpulkan upeti, dilakukan tanpa mengadakan koordinasi dengan pihak orang tua siswa dengan dalih untuk pembelian komputer dan perlekapan sekolah. Alasan Kepala SMPN1 Wanasalam adalah sekolah kekurangan komputer dan perlengkapan lainnya. Padahal sesuai aturan pemerintah bahwa urusan pengadaan computer itu ditangan Dinas Pendidikan dan bantuan pusat.

Endang Haryono, Kepala SMPN 1 Wanasalam saat ditemui Pelita RAKYAT tidak bisa mengelak. “Memang hal seperti itu saya lakukan atas dasar hasil musyawarah dengan ketua komite sekolah dan uang tersebut saya pungut per siswanya Rp65.000x1100siswa dengan kelas jauh dan jumlah uangnya berkisar kurang lebih Rp65.000.000”.

Salah seorang Lembaga Swadaya Masyarakat yang diminta tanggapan oleh wartawan Pelita RAKYAT terkait tentang adanya pungli disekolah SMPN 1 Wanasalam menyatakan, kami juga telah investigasi langsung kelapangan dan berhadapan dengan para orang tua siswa. Menurut orang tua siswa yang saya tanya langsung mereka merasa keberatan dengan adanya pemungutan yang tanpa mengadakan musyawarah.

Perbuatan Kepala sekolah sangat tidak wajar memberatkan bagi orang tua siswa dan saya akan melaporkan hal ini terhadap Kejaksaan dan Kepolisian dan Kepala Dinas Pendidikan. Undang – undang sudah jelas menyebutkan, sekolah dilarang melakukan pungutan apapun kepada anak didik/orangtua dalam bentuk apapun dan alas an apapun. Karena kebutuhan sekolah dibiayain oleh pemerintah daerah dan pusat melalui program pendidikan gratis…..bersambung edisisi berikutnya. (Burhan/saepul)

About unionpers

ORGANISASI WARTAWAN UNIONPERS BERDIRI SEJAK TAHUN 2004, AKTA NOTARIS : No 01/05/10/2005, MARLIANSYAH, SH, E-mail: unionpers@yahoo.com, REKENING BANK MANDIRI NO : 132 00 1264034-9, CABANG SADANG, PURWAKARTA ATAS NAMA REKSON HERMANTO (BENDAHARA)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BERITA

%d blogger menyukai ini: