Kepala SMPN 1 Wanasalam Nekat Pungli, Akan Diadukan


Kepala SMPN 1 Wanasalam Nekat Pungli, Akan Diadukan

Lebak, Pelita RAKYAT
SMPN 1 Wanasalam yang menjadi sekolah prioritas bagi masyarakat di sekitar Kecamatan Wanasalam, karena masyarakat menganggap SMPN 1 Wanasalam lebih berkualitas dan gratis tanpa ada pungutan apapun. Kenyataanya malah sebaliknya. Ternyata sekolah ini kini telah dipermak jadi sarang pungli, pelakunya pun melibatkan kepala sekolah dan komite sekolah.

Mereka dalam mengumpulkan upeti, dilakukan tanpa mengadakan koordinasi dengan pihak orang tua siswa dengan dalih untuk pembelian komputer dan perlekapan sekolah. Alasan Kepala SMPN1 Wanasalam adalah sekolah kekurangan komputer dan perlengkapan lainnya. Padahal sesuai aturan pemerintah bahwa urusan pengadaan computer itu ditangan Dinas Pendidikan dan bantuan pusat.

Endang Haryono, Kepala SMPN 1 Wanasalam saat ditemui Pelita RAKYAT tidak bisa mengelak. “Memang hal seperti itu saya lakukan atas dasar hasil musyawarah dengan ketua komite sekolah dan uang tersebut saya pungut per siswanya Rp65.000x1100siswa dengan kelas jauh dan jumlah uangnya berkisar kurang lebih Rp65.000.000”.

Salah seorang Lembaga Swadaya Masyarakat yang diminta tanggapan oleh wartawan Pelita RAKYAT terkait tentang adanya pungli disekolah SMPN 1 Wanasalam menyatakan, kami juga telah investigasi langsung kelapangan dan berhadapan dengan para orang tua siswa. Menurut orang tua siswa yang saya tanya langsung mereka merasa keberatan dengan adanya pemungutan yang tanpa mengadakan musyawarah.

Perbuatan Kepala sekolah sangat tidak wajar memberatkan bagi orang tua siswa dan saya akan melaporkan hal ini terhadap Kejaksaan dan Kepolisian dan Kepala Dinas Pendidikan. Undang – undang sudah jelas menyebutkan, sekolah dilarang melakukan pungutan apapun kepada anak didik/orangtua dalam bentuk apapun dan alas an apapun. Karena kebutuhan sekolah dibiayain oleh pemerintah daerah dan pusat melalui program pendidikan gratis…..bersambung edisisi berikutnya. (Burhan/saepul)

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s