UNIONPERS
KRIMINAL
PROFIL UNIONPERS

Kasus Perkara Bansos Dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor


Kasus Perkara Bansos Dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor

Bandung, Pelita RAKYAT
Pelimpahan itu dilakukan, setelah pihak Kejati Jawa Barat mengevaluasi kelengkapan dakwaan kepada para tersangka dalam kasus tersebut, termasuk jumlah kerugian negara yang telah dievaluasi kembali. Setelah dilakukan koreksi, jumlah kerugian negara senilai Rp 67 miliar.

Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Jawa Barat, Fadil Zumhana mengatakan, berkas dakwaan kepada para tersangka dugaan kasus penyelewengan dana bansos itu, sudah clear dan pasti segera dilimpahkan ke pengadilan. Sehingga, tidak ada lagi penundaan pelimpahan berkas dakwaan ke pengadilan untuk dipersidangkan. Sebanyak delapan berkas dakwaan tersangka dugaan penyelewengan dana bantuan sosial (bansos) Kota Bandung 2009-2010 siap dilimpahkan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung, pekan depan.

“Selain mengoreksi berkas dakwaan kepada para tersangka, kami pun telah melakukan evaluasi mengenai total kerugian negara. Penghitungan kami, kerugian negara terkait kasus ini senilai Rp 67 miliar. Jumlah itu pun yang kami bubuhkan dalam berkas dakwaan,” ungkap Fadil saat ditemui di ruang kerjanya di Gedung Kejati Jawa Barat, Jalan RE Martadinata, Kota Bandung, Jumat kemarin.

Akan tetapi, jumlah kerugian tersebut berbeda jauh dengan dengan hasil penghitungan kerugian negara menurut Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jawa Barat, yakni sebesar Rp 9,8 miliar.
Menanggapi hal itu, dikatakan Fadil, penghitungan BPKP Jawa Barat akan digunakan dalam pembuktian dalam persidangan nanti. “Bagi saya, penghitungan kerugian negara yang dikeluarkan BPKP itu akan digunakan dalam pembuktian saja. Toh kami menghitung kerugian negara berdasarkan alat bukti berupa dokumen-dokumen yang kami sita,” ungkap dia.

Diketahui, saat ini Kejati Jawa Barat telah menetapkan 8 tersangka dalam kasus tersebut. Di antara para terangka itu, tujuh tersangka ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Kebonwaru, Bandung. Para tersangka yang ditahan saat ini yakni F, R, YS, LB, US, AM, dan HK. Sedangkan AS belum dilakukan penahanan.
Dalam kesempatan itu, Fadil menjelaskan, adanya perubahan jumlah kerugian negara yang sebelumnya berkisar Rp 80 miliar menjadi Rp 67 miliar, berdasarkan alat bukti yang dicocokkan kembali bersama-sama tim penyidik. Jumlah kerugian negara itu merupakan penghitungan kerugian negara menurut versi penyidik kejaksaan. (Jhoni.St/A.Siregar)

Iklan

About unionpers

ORGANISASI WARTAWAN UNIONPERS BERDIRI SEJAK TAHUN 2004, AKTA NOTARIS : No 01/05/10/2005, MARLIANSYAH, SH, E-mail: unionpers@yahoo.com, REKENING BANK MANDIRI NO : 132 00 1264034-9, CABANG SADANG, PURWAKARTA ATAS NAMA REKSON HERMANTO (BENDAHARA)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BERITA

%d blogger menyukai ini: