Kapolres Samosir Menjalin Kemitraan Dengan Insan Pers


Kapoldasu berpose bersama dengan wartawan Kab. Samosir

Kapolres Samosir Menjalin Kemitraan Dengan Insan Pers

Samosir, Pelita RAKYAT
Sebahagian beranggapan bahwa Polri merupakan suatu penegak hukum yang berpihak kepada suatu golongan atau perorangan, akan tetapi pendapat ini benar-benar keliru, karena Polri tetap berpihak kepada masyarakat jika masyarakat membutuhkan perlindungan hukum sesuai dengan UU yang ada.

Untuk mendukung kelancaran tugas-tugas rekan pers mendapat Informasi dari pihak kepolisian yang akurat dan berimbang, kita harus menjalin komunikasi yang baik secara bersamaan dan apabila hal itu tercipta barang tentu kita siap memberikan informasi tanpa ada intervensi diantara kita. Apapun informasi sebatas hal itu kebutuhan publik, kita akan berikan, namun tetap mengarah sesuai kode etik propesi masing-masing.

Antara polisi dan pers adalah mitra kerja yang tidak dapat terpisahkan, karena mempunyai tugas, fungsi sama-sama melakukan pengabdian demi kepentingan public (masyarakat) bedanya polisi penegak hukum dan pengayom masyarakat, pers sebagai sosial control ditengah masyarakat, jadi hubungan itu harus terjalin dengan baik demi tegaknya supremasi Hukum di negara yang kita cintai ini, ucap Kapolres Samosir AKBP Donni SH Damanik SIK Kamis(1/12) pada saat silaturahim dengan kalangan pers, bertempat Di Hotel Saulina Siogung-Ogung,Kec Pangururan Kabupaten Samosir.

AKBP Donni SH Damanik berharap bahwa hubungan silaturahim dengan kalangan pers yang bertugas di Kabupaten Samosir dapat merobah pola pikir atau karakter masyarakat yang kurang baik selama ini, mungkin menurut sudut pandang mereka, tugas polisi itu cuma tahunya, kalau ada masalah menangkap saja, jadi untuk menghilangkan pemahaman seperti itu dari masyarakat, disinilah tugas dan fungsi pers dalam mensosialisasikannya melalui media, bahwa tugas kita, bukan cuma itu.

Sesuai Visi Dan Misi Kabupaten Samosir dalam mendukung samosir menjadi kabupaten tujuan wisata 2015 terujud, fungsi dan tugas polisi dalam pengamanan harus melibatkan semua elemen masyarakat, melibatkan perangkat desa atau kepala dusun dalam pengaman desa, bila perlu kita pakai atribut adat istiadat setempat, disebutlah itu ulu balang (petugas keamanan raja batak zaman dulu red) inilah kita berdayakan nantinya.

Dan mereka ini akan kita bina yang mana mempunyai fungsi menyelesaikan masalah secara adat setiap permasalahan didesa, seperti kasus -kasus tindak pidana ringan yang sering terjadi didesa, contoh ternak masuk kebun masyarakat dan sesuai peraturan desa apa sangsinya dibuat terhadap pemilik ternak, yang sudah merugikan pemilik lading dan kasus seperti ini masih bisa diatasi di desa, bukan harus di tangani pihak kepolisian.

Sesuai Dasarnya Tugas Pokok dan Fungsi Kepolisian Republik Indonesia, dasarnya Undang-undang Nomor 2 tahun 2002 dan fungsi: kepolisian adalah salah satu fungsi pemerintahan negara di bidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakkan hukum, perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. Kepolisian Negara Republik Indonesia bertujuan untuk mewujudkan keamanan dalam negeri yang meliputi terpeliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat, tertib dan tegaknya hukum, terselenggaranya perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat.

Serta terbinanya ketenteraman masyarakat dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia dan pelayanan kepada masyarakat pasal 13 tugas tugas pokok kepolisian negara republik indonesia adalah, memilihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman. Untuk menwujudkan itu semua, peran rekan Pers disini yang mampu mensosialisasikan hal tersebut, sehingga masyarakat mudah memahaminya semua permasalahan didaerah kita ini, yang pasti kita mencoba merobah karakter, jelas Kapolres .(MH. SINAGA/ROY’S)

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s