Jaksa Menuntut Tiga Tahun Hakim Putus Bebas


Jaksa Menuntut Tiga Tahun Hakim Putus Bebas

Bale Bandung, Pelita RAKYAT
Pengadilan Negeri Bale Bandung menyidangkan dan memutuskan terhadap pelaku penggelapan H. Adang Bactiar bin Buchori yang disidangkan di Pengadilan Negeri Kelas I Bale Bandung Kab. Bandung. Majelis Hakim yang di ketuai Mangatas Manullang, SH serta dua Hakim Anggota dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Y. Hidayat, SH, dari Kejaksaan Negeri Bale Bandung.

Dalam surat dakwaan jaksa bahwa H. Adang Bactiar telah melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan lalu menuntut terdakwa dengan pasal 372 serta 378 Jo Pasal 64 ayat (1) KUHP, unsur tindak pidana yang dilakukan oleh terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan serta berdasarkan alat bukti, yaitu sudah berulangkali melakukan pembayaran dengan Cek Bilyet Giro blong atau dananya kosong kepada saksi korban Mr. Park Woo Hwan, yang juga diakui oleh terdakwa serta keterangan saksi yang dihadirkan dipersidangan.

Awalnya terdakwa H. Adang Bactiar membeli kain dari PT. Seung Bok dengan cara pembayarannya pakai Cek Bilyet Giro kepada saksi korban Mr. Park Woo Hwan, namun beberapa lembar Cek Bilyer Giro tersebut ditukarkan ke Bank ternyata ada yang ditolak hanya sebagian yang bisa di cairkan, serta hal itu disampaikan kepada terdakwa H. Adang Bactiar oleh Mr. Park, lalu terdakwa mengganti dengan memberikan lagi Cek Bilyet Giro dan terdakwa meminta lagi pengiriman kain ke perusahaannya, namun selalu membayar dengan Cek Bilyet Giro tetapi kebanyakan cek Bilyet Giro tersebut blong alias tidak ada danannya dan sudah dilakukan berulang-ulang oleh terdakwa.

Akhirnya PT. Seung Bok memutuskan memberhentikan pengiriman kain ke perusahaan terdakwa, lalu menjanjikan lagi akan melunasinya dan meminta upaya dikirim lagi kain, lalu saksi korban Mr. Park Woo Hwan mengirim lagi kain kepadanya karena menurut H. Adang dia mengalami kendala karena pembayaran dari konsumen macet, akhirnya saksi korban menyetujui selalu mengirim kain, karena dalam pikiran korban kedepan kemungkinan akan di selesaikan dengan benar pembayarannya, namun perkiraan Mr. Park melenceng karena pembayaran dengan Cek Bilyet Giro yang dia terima ada yang tidak bisa dicairkan atau ditolak oleh Bank karena danannya kosong dan itu dilakukan berulang-ulang.
Menurut saksi akibatnya perusahaan PT. Seung Bok mengalami kerugian Rp. 4.662.753.250,-. (Toni/r@m)

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s