UNIONPERS
KRIMINAL
PROFIL UNIONPERS

Duh..Proyek Pemkot Tangsel di Monopoli Wanita Cantik Berinisial D


Duh..Proyek Pemkot Tangsel di Monopoli Wanita Cantik Berinisial D

Tangsel, Pelita RAKYAT

Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) merupakan Kota yang baru memiliki Kepala Daerah Defenitif. Seperti diketahui, pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang Selatan ini merupakan puncak rangkaian acara dari Pemilukada. Pemilukada yang telah dilaksanakan di Kota hasil pemisahan dari Kab. Tangerang pada 13 November 2010 lalu diharuskan melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) paska Putusan Mahkamah Konstitusi pada 27 Februari 2011 lalu.

Dalam kepemimpinan Walikota Tangsel, Hj. Airin Rachmi Diany dan Wakil Walikota Drs. H. Benyamin Davnie yang boleh dibilang masih seumur jagung akan dilihat dari 100 hari masa kerja. Dalam waktu dekat ini saja banyak program kerja dan kegiatan di masa transisi dari kebijakan dan keputusan yang telah diambil oleh pejabat Walikota terdahulu. Untuk melaksanakan, dan mengatur segala kebijakan untuk kesejahteraan masyarakat Tangerang Selatan sesuai dengan Peraturan Pemerintan RI UU No. 32/2004 tentang Pemerintah Daerah. Hal tersebut merupakan wujud “Kemenangan Rakyat Tangerang Selatan” dalam melaksanakan asas Demokrasi.

Kegiatan Pemerintah Kota Tangsel di awal kepemimpinan Airin Rachmi Diany dan Benyamin Davnie adalah menjalankan APBD 2011 yang telah di ketok palu oleh DPRD Kota Tangsel. Diantaranya proyek pembangunan dengan melaksanakan lelang, berkenan dengan itu diminta agar jangan sampai ada pihak-pihak yang memanfaatkan unsur kedekatan dengan Walikota dan Wakil Walikota demi kepentingan pribadi.

Dengan berbagai macam alasan, sampai dengan dalih “untuk mengatur dan mengamankan semua kebijakan, selama 100 hari kerja”. Karena hal tersebut tidak sesuai dengan Perpres No. 54/2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa terkait PA/KPA, PPK DAN ULP harus bisa mempertanggung jawabkan dalam pelaksanaannya. Hal ini dibenarkan dalam Permen Keuangan No. 8/2006 tentang Kewenangan Pengadaan Barang dan Jasa dan KEP MENPAN No. 24/Kep/26/Menpan/2/2004 tentang Petunjuk Teknis Transparansi dan Akuntabilitas dalam Penyelenggaraan Publik.

Jangan sampai sistem transparansi pada public itu dirusak oleh pihak-pihak yang mencari keuntungan untuk menguasai semua pengadaan barang dan jasa di semua SKPD di Kota Tangerang Selatan. Hal ini sangat bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Terkait dengan aspek hukum, maka pengguna dan penyedia barang/jasa harus memahami peraturan mengenai hak dan kewajiban dalam pengadaan barang/jasa, yang dalam pelaksanaannya terdapat tiga bidang hukum baik langsung maupun tidak langsung mengatur pelaksanaan pengadaan barang/jasa, yaitu hukum administrasi negara, hukum perdata dan hukum pidana.

Untuk itu dihimbau kepada Walikota dan Wakil Walikota untuk berperan aktif dalam mengawasi segala bentuk kegiatan yang bersifat proyek maupun kegiatan-kegiatan yang menggunakan APBD yang ada di Kota Tangsel. Sehingga tidak terjadi monopoli dari pihak-pihak tertentu yang mengatas namakan Walikota.

Menurut Ketua LSM Perkota Nusantara Tangsel Andi, “semua sudah terbukti apa yang ada kepikir di benak saya sebelumnya sudah terjadi sekarang, Tangerang Selatan adalah daerah pemekaran dari Kabupaten Tangerang, dimana kota pemekaran ini masih banyak yang harus dibenahi, seperti pembangunan infrastruktur jalan, Kantor Walikota, Polres, Rumah Sakit dan lain lain. Untuk mengambil pekerjaan ini banyak pihak kontraktor yang mau mendaftarkan diri untuk ikut ambil bagian dalam pekerjaan ini, biasanya parah pihak kontraktor ini mendaftar sesuai dengan prosedur yang berlaku.

“Tapi hal lain yang kita dapat di kota pemekaran baru ini semua proyek proyek sudah satu pintu di tangani oleh seorang Wanita Cantik yang berinisial D.
Jadi semua kontraktor harus melalui wanita cantik ini, padahal wanita cantik ini tidak ada sangkut pautnya dengan birokrat”, kata Andi.

Andi juga menambahkan, “proyek proyek besar atau kecil semua sudah ditangani D, jadi siapa aja yang mau mengerjakan proyek pembangunan yang ada di Tangsel harus melalui si D ini, jangan diharap pihak kontraktor mendapatkan pekerjaan tanpa melalui dia, jadi semua ini sudah menyalahi aturan yang berlaku, dimohon kepada KPK supaya turun Tangan dalam permasalahan ini, semua ini adalah uang rakyat, janganlah uang rakyat untuk unsur pribadi,” ungkap Andi

Dan Andi juga mengatakan, ada beberapa SKPD di Tangsel yang enggan disebut namanya mengakui bahwa semua proyek besar maupun kecil sudah ditangani D, jadi mereka tidak bisa berbuat apa apa, secara hukum ini kan sudah menyalahi aturan yang berlaku. Dan begitu juga pengungkapan LSM KOMPARASI Rina. “Carut marut proses pelelangan tender di Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel terus mendapatkan sorotan. Beredar kalau proyek-proyek itu diatur oleh seorang wanita cantik salah satu mantan tim sukses. Dia juga membenarkan tudingan beberapa pengusaha telah diplot mendapat proyek yang ada di Kota Tangsel. Dengan kata lain, meskipun dilakukan proses tender dan diikuti puluhan pengusaha, tetap saja tender dimenangkan pengusaha yang telah ditunjuk dengan imbalan tertentu kepada penguasa tersebut. Bahkan, diduga kegiatan tunjuk menunjuk itu dilakukan.

“Disinilah satgas dan KPK harus turun tangan jangan sampai ada unsur kepentingan dalam penanganan proyek yang ada di Tangerang Selatan.Dan KPK harus bertindak tegas kepada penyimpangan proyek APBD Tangsel,” ujar LSM. Untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan atau mengambil unsur kepentingan sepihak dimohon kepada aparat hukum supaya mengambil sikap terhadap tender tender yang ada diwilayah Tangsel. (Richard)

About unionpers

ORGANISASI WARTAWAN UNIONPERS BERDIRI SEJAK TAHUN 2004, AKTA NOTARIS : No 01/05/10/2005, MARLIANSYAH, SH, E-mail: unionpers@yahoo.com, REKENING BANK MANDIRI NO : 132 00 1264034-9, CABANG SADANG, PURWAKARTA ATAS NAMA REKSON HERMANTO (BENDAHARA)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BERITA

%d blogger menyukai ini: