UNIONPERS
KRIMINAL
PROFIL UNIONPERS

Dua Kepsek Diduga Mark Up Bantuan Block Grand


Dua Kepsek Diduga Mark Up Bantuan Block Grand

Lebak, Pelita RAKYAT
Banyaknya bantuan yang dikucurkan pemerintah sektor pendidikan merupakan sebuah langkah yang sangat akurat dan besar manfaatnya untuk dunia pendidikan. Namun bantuan tersebut akan sia-sia jika Kepala Sekolah memanfaatkan untuk meraup keuntungan pribadi.

Seperti yang terjadi di dua SDN yang berada di Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak. Dimana Hj Cucum Sumiati dan H Ujang, kedua sekolah tersebut diduga melakukan mark up atas bantuan Block Grand, karena nilai anggaran tidak sesuai dengan peruntukannya.

Dimana kedua sekolah mendapatkan bantuan Block Grand dengan nominal dua ratus lima juta di anggarkan untuk kebutuhan alat peraga seperti wabesate, Satu set Computer, Laptop, Gitar, Bola dunia(Globe), Buku bacaan, Sound System, CD Player dan masih ada beberapa diantaranya.

Nilai barang dan jumlah barang tersebut mampu menghabiskan anggaran sebesar seratus sembilan puluh sekian sisanya digunaklan untuk biaya pelatihan siswa guru dan pembayaran pajak sebesar duabelas juta lima ratus ribu rupiah.

Hj Cucum Sumiati dan H Ujang, kedua Kepala Sekolah yang mendapatkan bantuan Block Grand, anggaran 2010 lalu yang direalisasikan pada 2011 awal Januari. Menurut mereka bahwa pembelian sejumlah alat peraga tersebut sudah ditentukan dari sananya dan ia hanya membayarkan saja pada saat barang itu dikirim ke sekolah nya.

Padahal secara logika sejumlah barang berupa alat peraga untuk kebutuhan perpustakaan tidak akan mengabiskan anggaran sebanyak itu, lantas kemana separuh anggaran tersebut?. Saat dikonfirmasi, kedua kepala sekolah pun memaparkan bahwa pihak nya telah menempuh sesuai prosedur yang ada dan menjalankan semua petunjuk yang berlaku.

Bahkan LPJ pun pihak nya yang mengerjakan, namun yang menjadi pertanyaan ketika dikonfirmasi seputar harga satuan barang yang dibayarkan, pihak nya tidak dapat memaparkan jumlah harga harga satuanya dengan alasan lupa dan takut salah menjawap.

Padahal jelas jelas jika LPJ dikerjakan oleh pihak nya, secara otomatis akan tau berapa harga satuan barang yang telah ia bayarkan pada saat barang itu di terima oleh nya selaku kepala sekolah kepada pihak Cv yang menenangkan tender tersebut dari Dinas Pendidikan Propinsi Banten.

Menurut Ketua Umum LSM Bitung Banten Musa Weliansa mengatakan, bahwasan nya jika semua itu terjadi penyalah gunaan anggaran atau mark up anggaran terkait bantuan Block Grand yang diterima oleh Kepsek SDN Cipeucang 1 dan Kepsek SDN Parung Sari II, agar dapat ditindak lanjuti oleh aparat penegak hukum yang ada.

Agar kedepan segala bentuk bantuan yang diberikan pemerintah terhadap dunia pendidikan dapat berjalan dengan maksimal tanpa di tenggarai oleh kepentingan pribadi guna memperkaya diri. (Ns)

About unionpers

ORGANISASI WARTAWAN UNIONPERS BERDIRI SEJAK TAHUN 2004, AKTA NOTARIS : No 01/05/10/2005, MARLIANSYAH, SH, E-mail: unionpers@yahoo.com, REKENING BANK MANDIRI NO : 132 00 1264034-9, CABANG SADANG, PURWAKARTA ATAS NAMA REKSON HERMANTO (BENDAHARA)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BERITA

%d blogger menyukai ini: