UNIONPERS
KRIMINAL
PROFIL UNIONPERS

DPP-PPSB Tuding Lelang Umum di Bina Marga Gagal


DPP-PPSB Tuding Lelang Umum di Bina Marga Gagal

Kab Bekasi, Pelita RAKYAT
Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Putra Singa Bekasi (DPP-PPSB) Raden Bambang Suherman Suatmaja menilai sejumlah proyek lelang umum di Dinas Bina Marga gagal sebanyak 27 (dua puluh tujuh) paket, sehingga dilakukan lelang ulang. Ironisnya, lelang ulangpun lagi lagi dituding akan tetap bermasalah karena disusupi kepentingan kelompok demi kepentingan golongannya. Ada peserta yang menang lebih dari satu paket dan dipaket lain, peserta tersebut tidak lulus dalam evaluasi.

“Kegagalan ini murni atas kinerja panitia yang tidak becus pada saat penjelasan, pekerjaan (aanwijzing) tidak tegas memberikan persyaratan yang harus dipenuhi peserta lelang, tidak mengacu dengan Pepres No 54 dan berbau kepentingan kelompok tertentu. Disamping daftar absen yang dibiarkan panitia lelang acak acakan jadi rebutan peserta mencari paket yang didaftar untuk diabsen”, ujar Bambang kepada wartawan diruang kerjanya.

“Karena itu saya akan tetap mendesak kasus ke 27 paket proyek ini dibuka, baik itu melalui audit secara menyeluruh oleh lembaga Badan Pemeriksaan Keungan (BPK) maupun meminta pemeriksaan Kejaksaan dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Karena saya sangat nyakin, dilihat dari ke gagalan proyek ini sebelumnya pasti berbau penyimpangan dan rawan korupsi. Untuk itu, mari kita dorong kasus ini dibongkar sampai ke akar-akarnya hingga terang benderang,”ujar Bambang.

Lebih rinci Bambang mengatakan, dari total jumlah 27 paket yang gagal, sebanyak 22 paket tidak ada penawaran yang lolos evaluasi penawan dan sebanyak 5 (lima) paket kurang dari peserta perusahaan yang memasukkan penawan atau lelang ulang. Karena temuan itulah, saya telah mengirimkan surat tertulis kepada Bupati Kabupaten Bekasi, dengan surat no: 01/SP/PPSB/VIII/2010, tertanggal 9 Agustus 2010, menyusul dengan surat nomor : 03/SP/PPSB/IV/2011 tertangal 4 April 2011”, kata Bambang.

Bambang pun menyesalkan sikap Bupati yang tidak menyikapi kedua surat tersebut. Padahal, Peraturan Pemerintah RI No 3 Tahun 2007 tentang informasi laporan penyelenggaran Pemerintah Daerah kepada masyarakat dan UU RI No 18 Tahun 1999 tentang jasa konstruksi Bab VII pasal 29a menyebutkan, masyarakat berhak untuk melakukan pengawasan, mewujudkan tertib pelaksanaan jasa konstruksi, tegas Bambang.

Keterangan wartawan menyebutkan, hasil pengumuman pemenang pelelangan umum no : 602.1/18/PAN/DBMPSDA/V/2011, tertanggal 2 Mei 2011, yang tertera di papan pengumuman, Kantor UPTD, Peralatan dan Laboratorium, di Jalan Setia Darma 2, Desa Setia Darma , Kecamatan Tambun Selatan. Untuk pengadaan paket pekerjaan program pembangunan jalan dan jembatan, pemeliharaan, periodik, bidang pengelolaan sumber daya air, bidang pengairan, program pembangunan infrastruktur pedesaan oleh Dinas Bina Marga dan Pengelolaan Sumber Daya Air Pemerintah Kabupaten Bekasi.

Panitia Pengadaan Barang/ Jasa dilingkungan Dinas Bina Marga dan pengelolaan Sumber Daya Air Tahun 2011. Sejak tanggal 28 Pebruari 2011 sudah menempel pengumuman lelang umum no : 002/PAN-Konstruksi-DPMPSDA/II/2011 ditempat yang sama. Agar para peserta perusahaan dapat mendaftar sesuai dengan bidang masing-masing dari 446 paket pekerjaan yang tersedia. Berdasarkan berita acara hasil evaluasi pemilihan penyedia jasa konstuksi no: 602.1/15/PAN-DBMPSDA/IV/2011, tanggal 26 April 2011 serta surat no : 602. /17/PAN-DBMPSDA/IV/2011,tanggal 28 April 2011 tentang penetapan pemenang pelelangan jasa konstruksi.

Ditempat terpisah. Ketua Panitia Pengadaan Barang/Jasa Hadiat Sudrajad mengatakan, kepada peserta penyedia barang/jasa yang keberatan atas pengumuman tersebut dapat menyampaikan sanggahan secara tertulis kepada Panitia Pengadaan Barang/Jasa Konstruksi Dinas Bina Marga dan Pengelola Sumber Daya Air, dengan alamat, Komplek Perkantoran, Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat mulai tanggal 3 mei 2011 sampai tanggal 9 Mei 2011 pada jam kerja,” ujar Hadiat Sudrajad kepada PR.

SISTEM E-PROCUMENT
Kegagalan paket dilelang yang adalah karena kekurangan peserta dan panitia dalam memberikan informasi yang jelas, untuk itu pemerintah perlu membentuk tim/gugus tugas untuk menyiapkan Sistim e-Procument. Layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) untuk pelaksaan barang/jasa yang dilakukan secara elektronik yang berbasais web/internet dengan memanfaatkan fasilitas tehnologi komunikasi yang meliputi pelelangan umum secara elektronik tahun 2012. Kegagalan 27 paket yang dilelang adalah kegagalan Pemerintah Kab Bekasi dalam membina para rekanan yang selama ini berti gagal,” kata Bambang dengan tegas. (AS/red)

About unionpers

ORGANISASI WARTAWAN UNIONPERS BERDIRI SEJAK TAHUN 2004, AKTA NOTARIS : No 01/05/10/2005, MARLIANSYAH, SH, E-mail: unionpers@yahoo.com, REKENING BANK MANDIRI NO : 132 00 1264034-9, CABANG SADANG, PURWAKARTA ATAS NAMA REKSON HERMANTO (BENDAHARA)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BERITA

%d blogger menyukai ini: