UNIONPERS
KRIMINAL
PROFIL UNIONPERS

DANA BANTUAN PENDIDIKAN DISOAL Setiap Guru Mengajar 5-6 Bidang Studi Sekaligus


DANA BANTUAN PENDIDIKAN DISOAL
Setiap Guru Mengajar 5-6 Bidang Studi Sekaligus

Rokan Hilir, Pelita RAKYAT
Dunia pendidikan di Rokan Hilir terus merosot dalam kualitas/mutu, oleh banyaknya satuan pendidikan yang menempatkan seorang guru untuk mengajar 5 bahkan sampai 6 bidang studi sekaligus pada satuan pendidikan tertentu, dengan alasan sebagai guru kelas dan diperparah lagi bahwa banyak sekali guru tersebut tidak berlatar belakang lulusan bidang pendidikan.

Kepala UPTD Cabang Dinas Pendidikan, Kecamatan Bagan, Sinembah Samsuhir, S.Pd membenarkan hal tersebut dengan mengatakan, memang masih banyak diterapkan di Bagan Sinembah khususnya dan di Rokan Hilir pada umumnya, kalau untuk Sekolah Dasar memang masih diterapkan seperti itu pak, guru kelas mengajar sampai 5 bidang studi, ujar Sinembah kepada wartawan, baru baru ini.

Informasi yang dihimpun Pelita RAKYAT menyebutkan, besarnya anggaran pendidikan yang digelontorkan pemerintah pusat dan ditambah lagi dari anggaran daerah yang disalurkan melalui dana BOS, BOP dan dalam bentuk lain seharusnya sudah dapat memaksimalkan lembaga pendidikan baik negeri maupun swasta untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan dengan menempatkan tenaga pengajar yang memenuhi standar kualifikasi dan kompetensi guru pada setiap satuan pendidikan terutama pada tingkat SD/MI dan SMP/MTs. Namun apa yang terjadi saat ini tidaklah seperti yang diharapkan.

Dapat dibayangkan bagaimana mungkin seseorang yang tidak kompeten di bidangnya dapat mengajar dengan baik dan benar pada satuan pendidikan tersebut, padahal di dalam undang-undang No.14 tahun 2005 tentang guru dan dosen jelas disana dituangkan bahwa setiap guru dan dosen wajib memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi yang sesuai dibidangnya dan berlatar belakang lulusan bidang pendidkan seperti yang tertuang dalam pasal 7 huruf c. yang mengatakan, memiliki kualifikasi akademik dan latar belakang pendidikan sesuai dengan bidang tugas” namun apa yang terjadi?.

Bukan hanya tidak memiliki kualifikasi akademik dan kompeten di bidangnya malah untuk saat ini masih banyak seorang guru justru hanya lulusan SMA dan lulusan Madrasah Aliyah yang mengajar di satuan pendidikan terutama di satuan pendidikan Sekolah Dasar dan ini banyak terdapat di Sekolah-sekolah yang ada di daerah yang kemungkinan besar kurang mampu untuk memberikan honor yang memenuhi kelayakan/standar pendapatan seorang guru yang memenuhi kualifikasi akademik dan berpendapat bahwa untuk mengajar anak SD cukuplah mengangkat seorang lulusan SMA/MA untuk menjadi guru sehingga dapat dibayar murah.

Bila demikian halnya lalu kemana dana pendidikan yang sudah cukup besar tersebut digunakan? apakah banyak di korupsi atau penggunaanya tidak tepat sasaran? sehingga tidak mampu untuk merekrut seorang guru yang kompeten dan memberikan honor yang pantas untuk mereka? hal ini sangat perlu dilakukan audit maupun pengawasan yang ketat kepada pihak-pihak yang menerima dana pendidikan tersebut, bukan hanya dana BOS tapi juga dalam bentuk-bentuk lain yang berkaitan dengan pendidikan.

Padahal kalau kita mau jujur anggaran pendidikan sebesar 20% dari APBN dan 20 % dari APBD sebenarnya sudah cukup besar dan seharusnya sudah mampu untuk meningkatkan mutu pendidikan apabila dikelola dan digunakan dengan benar dan tepat sasaran. (Red)

About unionpers

ORGANISASI WARTAWAN UNIONPERS BERDIRI SEJAK TAHUN 2004, AKTA NOTARIS : No 01/05/10/2005, MARLIANSYAH, SH, E-mail: unionpers@yahoo.com, REKENING BANK MANDIRI NO : 132 00 1264034-9, CABANG SADANG, PURWAKARTA ATAS NAMA REKSON HERMANTO (BENDAHARA)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BERITA

%d blogger menyukai ini: