KPK Didesak Tingkatkan Status Anas


Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) didesak segera memeriksa Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum. Pasalnya, KPK tidak bisa menghakimi seseorang berdasarkan keyakinan belaka.

“Kalau yakin, KPK harus segera memeriksa Anas. Setelah diperiksa, baru bisa ditentukan status hukumnya,” kata pengamat hukum pidana Universitas Islam Indonesia (UII) Mudzakkir saat dihubungi di Jakarta, Selasa (1/5) kemarin.

Pemeriksaan Anas, jelasnya, untuk menghindari blunder yang dilakukan KPK ketika mengumumkan status Angelina Sondakh sebagai tersangka. Pasalnya sebagai penegak hukum, KPK harus berbicara berdasarkan fakta bukan keyakinan belaka. Ia pun mendesak agar tindakan lembaga antirasuah itu seirama dengan pernyataannya.

“Kalau pun nanti tersangka, KPK harus periksa Anas dulu dan memiliki minimal dua alat bukti. Jangan menggantung nasib seseorang,”cetusnya.

Sebelumnya Ketua KPK Abraham Samad menyakini Anas terlibat dalam proyek kompleks olahraga Hambalang, Jawa Barat. Keyakinan itu muncul setelah KPK mengantongi pengakuan anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Demokrat Ignatius Mulyono.

Dalam pengakuannya, Mulyono menyebut diperintah Anas untuk membereskan sertifikat tanah untuk proyek Hambalang. “KPK yakin Anas terlibat dalam proyek Hambalang karena ada pengakuan dari Ignatius Mulyono,” kata Abraham. (MI/son)

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s