Duta-duta besar negara sahabat di-“ulosi”


Balige, Sumatera Utara, Pelita RAKYAT

Enam duta besar negara sahabat mendapat penghormatan adat tertinggi dari Pemerintah Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Mereka berenam bersama Menteri Koperasi dan UKM, Syarief Hasan, di-ulosi atau disampirkan ulos.

Upacara adat mangulosi itu dilakukan pada Malam Pesona Budaya, di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, kemarin malam. Ulos bagi masyarakat Batak bukan cuma sekedar kain tenunan tangan secara tradisional, namun juga menjelma menjadi perlambang perlindungan dan kehangatan semangat hidup.

“Perwakilan negara sahabat yang di-ulosi antara lain Dubes Rusia, Ekuador, Kuba, Tunisia, Bosnia, Yaman, serta Menteri Koperasi dan UKM, Syarief Hasan. Ini untuk menunjukan apresiasi dan penghormatan tertinggi kepada mereka,” ujar Kabag Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten Toba Samosir, Elisber Tambunan, di Balige, Sabtu.

Sebelum mangulosi dilakukan, terlebih dahulu dipentaskan seni pertunjukan tradisional Batak dari Yayasan Pusuk Buhit Sakti dari Kecamatan Ajibata di kabupaten itu.

Selain sebagai lambang penghangat dan kasih sayang, ulos bagi masyarakat Batak juga lambang kedudukan, lambang komunikasi dan lambang solidaritas.

Menurut dia, tenun ikat Batak ini memiliki fungsi simbolik yang tidak dapat dipisahkan dalam aspek kehidupan orang Batak, karena berbagai jenis dan motifnya, menggambarkan makna tersendiri.

“Dalam perkembangannya, pemberian ulos diartikan sebagai penghormatan dan kasih sayang dan pejabat pemerintah sering di-ulosi dengan harapan, mereka selalu dalam kehangatan dan penuh kasih sayang kepada warga yang dipimpinnya,” kata Tambunan. (Son)

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s