Putusan Hakim PN Jakarta Pusat Dipertanyakan


Putusan Hakim PN Jakarta Pusat Dipertanyakan

Jakarta, Pelita RAKYAT
Dwi Sugiarto, Hakim di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat dipertanyakan kinerjanya dalam mengambil keputusan. Pasalnya, sebanyak dua orang tersangka dengan kasus yang sama mendapat vonis hukuman sangat jauh berbeda.

Dari laporan Heri (19/4), keluarga dari Lyly Nurindah Sari kasus narkoba yang di vonis 4 tahun 3 bulan oleh Ketua Majelis Hakim Jakarta Pusat, Dwi Sugiarto. Lyly yang kini masih ditahan di LP Pondok Bambu. Sementara teman pria Lyly, Reza yang tertangkap tangan bersama Lyly di kamar kost Reza oleh Polres Jakarta Pusat dikenai hukuman rehabilitasi 1 tahun 2 bulan dan kini telah bebas melanglang buana.

Jelas saja Lyly dan keluarga tidak menerima keputusan Majelis Hakim tersebut dengan mengajukan banding. Ternyata dalam putusan banding pun, hukuman diperkuat pada hukuman yang sama. Lyly tetap menolak keputusan dan mengajukan Kasasi ke Mahkamah Agung.

“Dana kita sudah banyak habis pak dalam urusan ini”, ungkap Heri kepada Pelita RAKYAT Kamis lalu di rumahnya sepulang menjenguk Lyly di LP Pondok Bambu. Ia membeberkan telah kehabisan dana pada pengacara lebih dari 30 juta lain dari biaya lain yang menyangkut pengurusan kasus Lyly. Hal hasil, hukuman tetap memberatkan pada Lyly.

Menurut sudut pandang Heri dan rekan, merasa heran mengapa keputusan Majelis Hakim berbeda sementara jelas dan terang benderang kejadiannya sama. Anehnya, Reza yang mengajak Lyly, Reza mendapat hukuman ringan. “Dimana letak keadilan dalam kasus ini”, tandas Heri.

Informasi yang didapat dilapangan, berkas perkara Reza dan Lyly terpisah. Awalnya Jaksa Penuntut Umum (JPU) sama oleh JPU Dewi Astuti, terakhir persidangan Jaksanya berbeda dan Hakim yang menyidangkan kasus pun berbeda dengan keputusan yang berbeda pula. Secara kasat, ada yang ganjil didunia pengadilan ini bila dikaitkan dengan Undang-undang (UU) RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. (Simare)

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s