UNIONPERS
KRIMINAL
PROFIL UNIONPERS

Koperasi KBMT Fajar Insani Terancam Kolep


Koperasi KBMT Fajar Insani Terancam Kolep

Majalengka, Pelita RAKYAT
Koperasi KBMT Fajar Insasi yang berdiri dengan Akta Notaris B.Huk.No.I67 /KDK/I0/I/2000 pada tanggal 25 Januari 2000 yang lalu berkedudukan di Jalan Pangeran Muhamad No.06 Cigasong, tepatnya depan Kantor Kelurahan Cigasog Majalengka saat ini terancam kolep.

Agus selaku sekretaris Koperasi menjelaskan saat ini Koperasi KBMT Fajar Insani bermitra dengan Bank BTPN Syariah Cirebon, bentuknya adalah simpan-pinjam dengan jumlah anggota baru 753 orang, sedangkan aset permodalan selama ini pernah ada bantuan tahun 2011 dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDP) sekitar 2 milyar, ujarnya.

Kata Agus, memang selama ini ada beberapa orang debitur yang komplen diantaranya Agen Wiganda, penduduk Desa Cibentar dengan pinjaman sekitar 30 juta sudah jatuh tempo, tetapi anggunan belum kami berikan, dengan alasan pihaknya masih mencari nasabah lain yang memiliki jaminan yang sejenis dengan nilai taksir yang sama pula sebagai pengganti kepada Bank BTPN Syariah di Cirebon, jelasnya.

Ketika ditanya mengenai hubungan konsinyasi dengan Bank BTPN Syariah, Agus menjelaskan pula bahwa setiap kekurangan modal pasti kami berusaha untuk meminjam dengan jaminan sendiri atau milik orang lain yang mengikat dengan pihak KBMT F. I. karena mitra usaha selama 5 tahun.

Yang ditenggarai adanya kejanggalan, dimana sang debitur akan melunasi pinjamannya, pihak koperasi malah mengulur waktu untuk memberikan anggunan sertifikat milik Agan Wiganda, sedangkan jauh sebelumnya Wiganda mengakui adanya kontrak pinjam selama 15 bulan sementara Wiganda merasa dibantu, tapi adanya kejanggalan seperti ini akhirnya Wiganda merasa curiga bahwa Koperasi mungkin dengan jaminan yang dimilikinya meminjam lebih besar sehingga untuk mengembalikan pinjaman ke Bank BTPN Cirebon agak kesulitan, cemasnya.

Sementara ketika ditanya mengenai bagaimana nasib anggunan Wiganda, pihaknya masih mencari penggantinya, sedangkan janji Koperasi kepada Wiganda hanya satu sampai dua bulan tetapi sampai detik ini dari bulan Desember lalu belum juga ada tanda-tanda memberikan atau mengembalikan sertifikat tersebut, sedangkan sertifikat itu bukan milik Wiganda melainkan milik H.Sardi Marhasan, sehingga sangat merisaukan kedua orang tersebut, meskipun hak guna pakai sertifikat itu melalui Akte Notaris kilahnya.

Ditempat terpisah Kabid Koperasi Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan H. Deden Subagio SSos, menjelaskannya, pihaknya sebatas membina dan mewajibkan setiap Koperasi melaporkan kegiatannya minimal 3 bulan sekali, mengenai kegiatan di Koprasi Baitul Maal Wattamwil Fajar Insani (KBMT Fajar Insani) memang pada tahun 2011 yang lalu mendapatkan kucuran dana dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDP), sedangkan dalam kunjungan pembinaan ke Koperasi KBMT Fajar Insani beberapa waktu yang lalu kami pernah mendapatkan hal-hal keganjilan,bahwa kami sarankan untuk segera diperbaiki dengan segera, tagasnya.

Ketika kami mendapat laporan dari para nasabah, waktu itu pula pihaknya mengecek kebenaran, dan dalam laporan keuangan terdapat hal yang mencurigakan, tentang piutang dengan nominati pinjaman dari Bank BTPN, untuk itu kami mewanti-wanti segera benahi agar tidak berkepanjangan dan membuat para anggota apatisme, karena untuk mengembalikan kepercayaan public sangat sulit apabila salah satu Lembaga Koperasi sudah tercela kilahnya. Keluhan yang sangat diharapkan adalah ketika ketua Koperasi KBMT Insani dipanggil yang hadir selalu sekretarisnya sehingga pihaknya kecewa. (Reff)

About unionpers

ORGANISASI WARTAWAN UNIONPERS BERDIRI SEJAK TAHUN 2004, AKTA NOTARIS : No 01/05/10/2005, MARLIANSYAH, SH, E-mail: unionpers@yahoo.com, REKENING BANK MANDIRI NO : 132 00 1264034-9, CABANG SADANG, PURWAKARTA ATAS NAMA REKSON HERMANTO (BENDAHARA)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BERITA

%d blogger menyukai ini: