Kejaksaan Membongkar Kasus Pencemaran Lingkungan CV GPHI


Kejaksaan Membongkar Kasus Pencemaran Lingkungan CV GPHI

Baleendah, Pelita RAKYAT
Kasus pencemaran lingkungan dari limbah Pabrik CV GPHI H (Gubungan Pengusaha Home Industri) yang bergerak di bidang home Industry yang terletak di Desa Nanjung Cimareme Cimahi, Kab Bandung Barat, kini berkas perkara dan barang bukti sudah dilimpahkan dari Kejaksaan Agung RI yang dibawah langsung oleh Jaksa Awalia M,SH, dan Whindya SH, ke Kejaksaan Negeri Bale Bandung yang langsung di terima oleh Kasi Pidum Rully SH.

Selanjutnya, dilanjutkan kepada pemeriksaan dan ke aslian berkas dan barang bukti yang di bawa. Tersangka H.Dedi S. (58) adalah sebagai di Rektur Utama dari CV.GPHI yang telah hadir di Kejaksaan Negeri Bale Bandung pada hari Jumat kemarin untuk di mintai keterangan seputar keberadaan perusahaan yang di pinpinnya. Dimana perusaan itu bergerak dibidang industry home,yang diduga telah mencemari lingkungan sekitar.

Adapun indikasi spesifik limbah yang di buang adalah limbah B3, dimana limbah B3 ini sangat berbahaya untuk lingkunga dan kesehatan manusia apalagi kalau menyangkut ‘unsur merkuri’dan unsur lain yang terkandung dalam limbah yang di buang.

Menurut Kasi Pidum Rully SH, bahwa pemeriksaan berkas yang dilimpahkan dari Kejaksaan Agung ini adalah limpahan dari Mabes Polri Ke Kejagung dan di lanjutkan ke Kejaksaan Negeri Bale Bandung. Dari hasil konfirmasi wartawan Pelita RAKYAT di tempat bahwa limbah yang dihasilkasn dari home industy ini sudah sangat membahayakan dan dapat dijerat dengan pidana penjara dengan hukuman 3 tahun penjara dan di denda dengan 1 milliar dengan UUD lingkungan hidup pasal 116. Adapun jaksa yang di tunjuk dalam perkara ini adalah JPU Wignyo SH, yang akan membawa ke ranah persidangan, Pengadilan Negeri Kelas I A Bale Bandung. (TB.)

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s