UNIONPERS
KRIMINAL
PROFIL UNIONPERS

“Jenderal Pers” , Leo Batubara Menekankan Wartawan Harus Profesional


“Jenderal Pers” , Leo Batubara Menekankan Wartawan Harus Profesional
– Pelatihan Jurnalistik Angkatan Ke V Pelita RAKYAT di Samosir Berjalan Sukses
– Usai Acara Pemred dan Kadiklat Berwisata Hingga ke Tanah Karo
Oleh : Drs. Antonius Purba dan Rahmat Purba
Dalam rangka mengikuti perkembangan zaman yang bergerak demikian pesat di tanah air kita, ke depan para wartawan dituntut bekerja professional dan beretika. Bahkan saat ini dan seterusnya ke depan setiap wartawan harus memiliki kompetensi dan pendidikan yang sepadan dengan profesi wartawan. Nantinya diharapkan setiap wartawan harus mendapatkan sertifikasi dari Dewan Pers.
Demikian penegasan :”Jenderal Pers”, Sabam Leo Batubara dalam acara Pelatihan Jurnalistik Angkatan V Surat Kabar Pelita RAKYAT di desa wisata Tuktuk, Samosir Sumut, Sabtu, (14/04). Acara yang dibuka sehari sebelumnya oleh Bupati Samosir yang diwakili oleh Sekda Kabupaten Samosir beserta rombongan, cukup meriah dan penuh persaudaraan.
Peran serta dan atensi yang tinggi dari Pemkab Samosir patut disyukuri, selama berlangsungnya acara pelatihan jurnalistik sejak pembukaan 13//04 hingga penutupan (15/04), tanpa hambatan yang berarti. Demikian juga kehadiran para wartawan Pelita RAKYAT dan media lain yang datang menimba ilmu dari bebeapa nara sumber seperti Drs. Thomson Hutasoid dan J. Siallagan selaku wartawan senior dari Medan..
Suasana pelatihan kian serius atas kehadiran Alek Alopsen Siburian pemimpin SK Pro Kontra, M. Malau penasehat hukum Pelita RAKYAT dan Drs, Antonius Purba selaku Kadiklat Pelita RAKYAT yang menyertai rombangan yang dikomandoi Biman Sitohang SE, Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi Pelita RAKYAT dari Jakarta.
Sukses acara tidak luput atas jerih payah Ketua Panitia Pelatihan Jurnalistik Angkatan V, MH Sinaga, MA yang juga menjabat Kepala Perwakilan Pelita RAKYAT Sumatera Utara dan jajaran kepanitiaan dari Medan. Rasa salut dan terharu bagi unsur pimpinan Pelita RAKYAT muncul setelah melihat antusias peserta yang datang dari berbagai daerah untuk mewakili daerah nasing-masing.
Antara lain, saudara Simare-mare dan rombongannya mewakili biro DKI Jakarta, Darwin Sihombing mewakili Anambas, Rahmat Purba dari Batam, ibu Sri dari Sumsel dan ibu Rosdiana dari Tangerang, Niko Napitupulu dari Lubuk Linggau, pak Simbolon dengan rombongannya dari Riau, Rahmat dari biro Bandung, rombongan saudara Humisar Manullang SH dari Rokan Hilir , Hermanto dan Malik dari Bekasi.
Suasana pelatihan dan pembekalan kian serius atas penegasan Leo Batubara, tentang bagaimana menjadi waratawan yang bermutu yang disegani, sebagai mana yang ditunjukkan oleh para pendekar pers Indonesia yang turut berjuang dan memajukan bangsa ini sejak zaman Belanda seperti Adam Malik, Mochtar Lubis, Rosihan Anwar hingga di era Reformasi sekaliber Jacob Utama dan Dahlan Iskan.
Leo Batubara mengatakan bahwa pers nasional harus terus menunjukan jati dirinya yang bebas melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai alat pengontrol jalannya roda pemerintahan, terutama dalam pemberantasan korupsi yang merugikan banyak pihak, khususnya rakyat kecil.
“Pers harus tampil paling depan untuk mengawal jalannya pembangunan bangsa ini dan memberi edukasi dan informasi yang benar kepada rakyat tanpa harus dibarengi rasa takut. “Jangan jadi wartawan, kalau penakut,” tegas mantan Wakil; Ketua Dewan Pers ini memberi semangat.
Pada bagian lain, Drs. Antonius Purba, selaku Kadiklat Pelita RAKYAT sejak Angkatan I di Hotel Horison Bekasi, senantiaasa memberi penekanan untuk menjadi wartawan yang handal dan prtofesional dituntut banyak belajar dan menimba ilmu, membaca apa saja serta dituntut harus peka (sence of news) untuk mengaplikasikan jati dirinya saat melaksanakan tugas. Nyali tinggi dan santun , tegas berbicara dan berdaya ingat yang patuh serta secara simultan dituntut tampil sempurna dan berkarya 24 jam untuk melahirkan karya tulis yang bermutu.
Pada acara penutupan, Biman Sitohang, selaku Pemred menegaskan bahwa pelatihan jurnalistik di Pelita RAKYAT sudah menjadi program tetap selaras dengan keputusan manajemen dari hasil rapat di Jakarta pada awal tahun 2012 lalu dan rencana pelatihan berikutnya akan dilaksanakan di Bandung pada Oktober mendatang. Wartawan yang tidak mengikuti pelatihan akan mendapat penilaian tersendiri dari manajemen Pelita RAKYAT.
Usai acara penutupan, 15/04 pagi Pemred Pelita RAKYAT, Biman Sitohang dan Kadiklat, Drs. Antonius Purba menyempatkan diri jalan-jalan dan berwisata ke Rumah Bolon Pematang Purba dan Simarjarunjung di Simalungun serta ke Air Terjun Sipisopiso di Tanah Karo Simalem yang sangat indah dan menawan sembari menatap hamparan “tao Silalahi” yang luas dan memikat hati para turis. *****

Iklan

About unionpers

ORGANISASI WARTAWAN UNIONPERS BERDIRI SEJAK TAHUN 2004, AKTA NOTARIS : No 01/05/10/2005, MARLIANSYAH, SH, E-mail: unionpers@yahoo.com, REKENING BANK MANDIRI NO : 132 00 1264034-9, CABANG SADANG, PURWAKARTA ATAS NAMA REKSON HERMANTO (BENDAHARA)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BERITA

%d blogger menyukai ini: