UNIONPERS
KRIMINAL
PROFIL UNIONPERS

Kepala UPTD Babakan Cikao


Bunga dan Fee Diberikan Bank BPR Nehemia

Pegawai dan Kepala UPTD TK-SD Melayani Transaksi Perbankan

 

Purwakarta, Pelita RAKYAT

Pegawai dan Kepala Kantor Unit Pelaksanaan Teknis Dinas (UPTD) Babakan Cikao (BBC) TK, SD, dan PLS yang beralamat di Jalan Raya Cikopak, Babakan Cikao, Kabupaten Purwakarta  masih melakukan alih pungsi tugas sehari-hari sebagai PNS. Pasalnya, mereka masih melayani bagian transaksi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Nehemia Cabang Bandung. Sementara Bank BPR yang berkantor di Padalang, Bandung tidak memiliki kantor cabang di Purwakarta.

Kepala UPTD Kecamatan Babakan Cikao, Dayat Hidayat saat di konfirmasi diruang kerja seputar kerjasama dan transaksi dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR Nehemia) mengatakan,  iya memang ada kerjasama UPTD dengan Bank BPR dalam merekrut nasabah dan transaksi para guru yang meminjam uang di kantor UPTD ini, ujar Dayat membenarkan.

Namun, saat ditanya apakah kerjasama itu tidak menyalahi aturan dinas karena pegawai dibuat alih fungsi tugas?. Dayat menjawab, iya memang sih menyalahi aturan. Seharusnya UPTD melayani sesuai tupoksi sekolah bukan transaksi Bank. “Habis kasihan, inikan namanya  kebutuhan guru yang mendadak dan sangat butuh sekali bagi para guru yang meminjam uang”, ujar Dayat, Senin kemarin.

Besoknya, Rahmat selaku Bendahara UPTD membenarkan ada 58 orang sebagai nasabah Bank Nehemia yang transaki di kantor UPTD yang beralamat di Jalan Raya Cikopak dengan pinjaman uang rata- rata Rp 5 juta. Sebanyak 58 orang tersebut pencairan uang pinjaman dilakukan Rahmat selaku orang kepercayaan yang ditunjuk. Pinjaman tersebut cukup dengan anggunan SK dan dipotong gaji oleh Rahmat.

Saat ditanya, berapa besar bunga bank dan fee (komisi) dari BPR Nehemia. Kata Rahmat, bunga hanya 1,75% dan fee juga dikasihkan pihak bank. “Untuk setiap mau lebaran kami terima sebesar Rp. 4,5 juta dibagi-bagi untuk petugas UPTD”, ujar Rahmat.

Rahmat menjelaskan, kerjasama UPTD dengan Bank BPR Nehemia  sudah terjadi sejak tahun 2009 dan sampai saat ini Bank BPR sendiri tidak memiliki kantor Cabang di Purwakarta, tetapi Bank tersebut melebarkan sayap melalui kerjasama dengan UPTD. Bisa dikatakan cabang Bank BPR di Purwakarta adalah UPTD, ujar Rahmat. (Dins/Al)

About unionpers

ORGANISASI WARTAWAN UNIONPERS BERDIRI SEJAK TAHUN 2004, AKTA NOTARIS : No 01/05/10/2005, MARLIANSYAH, SH, E-mail: unionpers@yahoo.com, REKENING BANK MANDIRI NO : 132 00 1264034-9, CABANG SADANG, PURWAKARTA ATAS NAMA REKSON HERMANTO (BENDAHARA)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BERITA

%d blogger menyukai ini: