Gerakan terorisme menyusup ke dunia pendidikan


Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyatakan, gerakan terorisme dan radikalisme yang saat ini semakin mengkhawatirkan dan mulai secara berani memasuki lingkup dunia pendidikan harus disikapi serius oleh kalangan yang mengurusi bidang tersebut.

“Apabila tidak diwaspadai dan ditangani dengan benar, gerakan tersebut dapat melahirkan teroris-teroris baru dari kalangan terdidik dan terpelajar,” kata Sekretaris Utama BNPT Marsekal muda Chaerul Akbar, di Bandarlampung, Rabu.

Menurut dia, gerakan separatisme dan radikalisme dapat masuk dan menyusup ke dalam dunia pendidikan melalui bungkus fanatisme agama.

Dia menjelakan, dapat masuknya gerakan radikal yang berujung pada terorisme ke dunia pendidikan dengan leluasa merupakan kegagalan pendidik dalam melaksanakan fungsi tugasnya, karena kurangnya pembekalan terhadap guru terkait hal tersebut.

“Guru sebagai garda terdepan memiliki kewajiban moral untuk mengajar dan mendidik muridnya berprilaku baik, perlu dibekali bagaimana mengantisipasi hal tersebut,” kata dia.

Menurut dia, peran guru perlu direvitalisasi untuk mencegah murid dan mahasiwanya disusupi oleh gerakan tersebut.

Hal itu diungkapkannya saat menjadi keynote speaker dalam seminar nasional Deradikalisasi, Rabu.

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengadakan Seminar Deradikalisasi dengan tema “Strategi deradikalisasi pada bidang pendidikan di Hotel Novotel Bandarlampung.

Acara tersebut diikuti oleh sekitar ratusan perwakilan akademisi dan kalangan pendidikan di seluruh Lampung, TNI, kepolisian, ormas, organisasi keagamaan, kepemudaan, dan mahasiswa. (ANT)

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s