UNIONPERS
KRIMINAL
PROFIL UNIONPERS

Gerakan terorisme menyusup ke dunia pendidikan


Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyatakan, gerakan terorisme dan radikalisme yang saat ini semakin mengkhawatirkan dan mulai secara berani memasuki lingkup dunia pendidikan harus disikapi serius oleh kalangan yang mengurusi bidang tersebut.

“Apabila tidak diwaspadai dan ditangani dengan benar, gerakan tersebut dapat melahirkan teroris-teroris baru dari kalangan terdidik dan terpelajar,” kata Sekretaris Utama BNPT Marsekal muda Chaerul Akbar, di Bandarlampung, Rabu.

Menurut dia, gerakan separatisme dan radikalisme dapat masuk dan menyusup ke dalam dunia pendidikan melalui bungkus fanatisme agama.

Dia menjelakan, dapat masuknya gerakan radikal yang berujung pada terorisme ke dunia pendidikan dengan leluasa merupakan kegagalan pendidik dalam melaksanakan fungsi tugasnya, karena kurangnya pembekalan terhadap guru terkait hal tersebut.

“Guru sebagai garda terdepan memiliki kewajiban moral untuk mengajar dan mendidik muridnya berprilaku baik, perlu dibekali bagaimana mengantisipasi hal tersebut,” kata dia.

Menurut dia, peran guru perlu direvitalisasi untuk mencegah murid dan mahasiwanya disusupi oleh gerakan tersebut.

Hal itu diungkapkannya saat menjadi keynote speaker dalam seminar nasional Deradikalisasi, Rabu.

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengadakan Seminar Deradikalisasi dengan tema “Strategi deradikalisasi pada bidang pendidikan di Hotel Novotel Bandarlampung.

Acara tersebut diikuti oleh sekitar ratusan perwakilan akademisi dan kalangan pendidikan di seluruh Lampung, TNI, kepolisian, ormas, organisasi keagamaan, kepemudaan, dan mahasiswa. (ANT)

About unionpers

ORGANISASI WARTAWAN UNIONPERS BERDIRI SEJAK TAHUN 2004, AKTA NOTARIS : No 01/05/10/2005, MARLIANSYAH, SH, E-mail: unionpers@yahoo.com, REKENING BANK MANDIRI NO : 132 00 1264034-9, CABANG SADANG, PURWAKARTA ATAS NAMA REKSON HERMANTO (BENDAHARA)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BERITA

%d blogger menyukai ini: