Kepolisian Berharap E-KTP Dapat Minimalisir Tindak Pidana


Kepala Kepolisian Resor Tanjung Jabung Timur, Jambi, AKBP Budi Wasono berharap program kartu tanda penduduk elektronik bisa meminimalisir tidak pidana.

Dihubungi di Muarasabak, ibu kota Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Senin, Kapolres mengatakan, rencana penerbitan kartu tanda penduduk (E-KTP) elektronik yang tidak dapat digandakan terintegrasi dengan fungsi kepolisian.

“Sebab E-KTP ini kan tidak dapat digandakan, sehingga sejalan dengan pembatasan peluang terjadinya kejahatan atau tindak pidana,” ujarnya.

KTP konvensional atau yang masih digunakan saat ini mudah sekali digandakan, hal itu terbukti dengan banyaknya temuan masyarakat yang memiliki KTP lebih dari satu. Dengan KTP ganda tersebut, masyarakat pemohon cenderung memalsukan identitas.

“Dengan pemalsuan identitas ini, kerap digunakan untuk melakukan tindak kejahatan,” katanya.

Misalnya saja, KTP tersebut digunakan untuk membuka rekening bank dengan nama dan alamat fiktif, kepengurusan tanah atau pembuatan dokumen dokumen lainnya.

“Kondisi ini kadang menyulitkan petugas dalam menelusuri pelaku kejahatan karena identitasnya pada KTP ternyata palsu,” jelasnya.

Kapolres mengatakan, pihaknya mendukung program pemerintah dalam penerbitan E-KTP tersebut dan menyarankan agar instansi lain yang berkaitan dengan E-KTP dilengkapi perangkat pemindai khusus E-KTP.

Dengan demikian jika ada warga yang diperiksa di kepolisian, akan terlihat rekam jejaknya di kepolisian,” ujarnya.

Meski demikian, E-KTP ini harus dilengkapi dengan sistem pengamanan yang ketat, jangan sampai dengan teknologi ini, aspek pengamanannya diabaikan, sehingga masih saja ada pemalsuan tanda penduduk, tambahnya. (ant)

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s