UNIONPERS
KRIMINAL
PROFIL UNIONPERS

Kepolisian Berharap E-KTP Dapat Minimalisir Tindak Pidana


Kepala Kepolisian Resor Tanjung Jabung Timur, Jambi, AKBP Budi Wasono berharap program kartu tanda penduduk elektronik bisa meminimalisir tidak pidana.

Dihubungi di Muarasabak, ibu kota Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Senin, Kapolres mengatakan, rencana penerbitan kartu tanda penduduk (E-KTP) elektronik yang tidak dapat digandakan terintegrasi dengan fungsi kepolisian.

“Sebab E-KTP ini kan tidak dapat digandakan, sehingga sejalan dengan pembatasan peluang terjadinya kejahatan atau tindak pidana,” ujarnya.

KTP konvensional atau yang masih digunakan saat ini mudah sekali digandakan, hal itu terbukti dengan banyaknya temuan masyarakat yang memiliki KTP lebih dari satu. Dengan KTP ganda tersebut, masyarakat pemohon cenderung memalsukan identitas.

“Dengan pemalsuan identitas ini, kerap digunakan untuk melakukan tindak kejahatan,” katanya.

Misalnya saja, KTP tersebut digunakan untuk membuka rekening bank dengan nama dan alamat fiktif, kepengurusan tanah atau pembuatan dokumen dokumen lainnya.

“Kondisi ini kadang menyulitkan petugas dalam menelusuri pelaku kejahatan karena identitasnya pada KTP ternyata palsu,” jelasnya.

Kapolres mengatakan, pihaknya mendukung program pemerintah dalam penerbitan E-KTP tersebut dan menyarankan agar instansi lain yang berkaitan dengan E-KTP dilengkapi perangkat pemindai khusus E-KTP.

Dengan demikian jika ada warga yang diperiksa di kepolisian, akan terlihat rekam jejaknya di kepolisian,” ujarnya.

Meski demikian, E-KTP ini harus dilengkapi dengan sistem pengamanan yang ketat, jangan sampai dengan teknologi ini, aspek pengamanannya diabaikan, sehingga masih saja ada pemalsuan tanda penduduk, tambahnya. (ant)

About unionpers

ORGANISASI WARTAWAN UNIONPERS BERDIRI SEJAK TAHUN 2004, AKTA NOTARIS : No 01/05/10/2005, MARLIANSYAH, SH, E-mail: unionpers@yahoo.com, REKENING BANK MANDIRI NO : 132 00 1264034-9, CABANG SADANG, PURWAKARTA ATAS NAMA REKSON HERMANTO (BENDAHARA)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BERITA

%d blogger menyukai ini: