UNIONPERS
KRIMINAL
PROFIL UNIONPERS

Dugaan korupsi e-KTP dilaporkan ke KPK


Government Watch (GOWA) mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melaporkan adanya dugaan korupsi terkait proses pengadaan e-KTP atau KTP elektronik yang merupakan proyek Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri).

Direktur Eksekutif GOWA Andi W Syahputra di Jakarta Selasa mengatakan bahwa ada dugaan upaya pemenangan terhadap satu konsorsium perusahaan dalam proses pelelangan proyek e-KTP tersebut.

Menurut dia, apabila dugaan korupsi benar terjadi pada pengadaan KTP elektronik tersebut mulai dari proses perencanaan, pengajuan anggaran hingga pelaksanaan lelang, maka diperkirakan kerugian negara dapat mencapai Rp1 triliun.

“Semua diarahkan pada pengaturan dukungan pada satu konsorsium perusahaan,” kata Andi.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa dalam investigasi yang dilakukan oleh GOWA sejak bulan Maret hingga Agustus 2011, ditemukan dugaan kolusi pada penyelenggaraan lelang pengadaan e-KTP tahun 2011 yang lakukan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

Audit forensik GOWA, ujar Andi, menemukan adanya 11 penyimpangan, pelanggaran, dan kejanggalan yang kasat mata dalam pengadaan lelang tersebut. Klarifikasi fakta penyimpangan dilakukan dalam tiga tahapan lelang selama proses pelaksaan pengadaan e-KTP.

Tiga tahapan tersebut mulai dari sebelum pelaksanaan lelang, penyelenggaraan lelang, hingga pelaksaan pekerjaan yang dilelang.

Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi sendiri telah meminta kepada KPK untuk terus mengawasi proyek e-KTP yang memiliki nilai RP6 triliun tersebut, termasuk hingga terkait pengadaan barang dan jasa NIK.
(ant)

Iklan

About unionpers

ORGANISASI WARTAWAN UNIONPERS BERDIRI SEJAK TAHUN 2004, AKTA NOTARIS : No 01/05/10/2005, MARLIANSYAH, SH, E-mail: unionpers@yahoo.com, REKENING BANK MANDIRI NO : 132 00 1264034-9, CABANG SADANG, PURWAKARTA ATAS NAMA REKSON HERMANTO (BENDAHARA)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BERITA

%d blogger menyukai ini: