Penahanan Walikota Bekasi Diskriminatif


Kuasa Hukum Walikota Bekasi: Penahanan Ini Diskriminatif 

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  resmi menahan Walikota Bekasi, Mochtar Mohammad. Penahanan ini dirasa tidak adil bagi Mochtar yang berlaku kooperatif selama pemeriksaan. “Penahanan ini sangat tidak adil. Ada perlakukan diskriminatif yang dilakukan KPK kepada Pak Mochtar,” ujar kuasa hukum Muchtar, Sirra Prayuna, Jakarta, Senin (13/12/2010).

Sirra mengatakan, KPK sering tebang pilih dalam menangani kasus dan menahan seseorang. Bagi Sirra, Mochtar hanyalah contoh kecil dari kasus-kasus besar lainnya.
“Ada banyak kasus dugaan korupsi dengan nilai kerugian negara yang jauh lebih besar tapi karena terkorelasi dengan kekuasaan maka dia terproteksi dari penahanan,” katanya.

Atas penahanan tersebut, selaku kuasa hukum, Sirra akan mempertimbangkan langkah ke depan yang akan diambil. Yang jelas menurutnya, penahanan yang dilakukan pada Mochtar ini prosedur yang tak lazim.
“Kita akan mempertimbangkan melakukan langkah hukum. Tadi belum diperiksa karena sampai sore tadi Pak Mochtar belum menunjuk kuasa hukum, tapi justru yang keluar surat penahanan dari Pak Haryono (Umar, pimpinan KPK). Belum diperiksa sudah ditahan,” bebernya.

Dengan ditahannya Mochtar, lanjut Sirra, dipastikan jalannya pemerintahan di Bekasi akan sedikit terganggu. “Tentu sangat terganggu proses penyelenggaraan di Pemkot Bekasi, sangat mengganggu proses pelayanan masyarakat dengan pimpinan ditahan,” tandasnya.
Sebelumnya, setelah menjalani pemeriksaan selama hampir 8 jam, sejak pukul 10.15 WIB, KPK resmi menahan Mochtar di rutan Salemba. Penahanan ini dilakukan untuk kepentingan penyidikan KPK, terkait kasus korupsi APBD Bekasi tahun 2010 dan suap terkait pemenangan piala Adipura.
“Insya Allah, untuk kepentingan penyidikan, hari ini kita melakukan penahanan,” ujar Wakil Ketua KPK, Haryono Umar. (red)

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s