Pemerintah akan Ganti Sawah yang Gagal Panen


Pemerintah akan Ganti Sawah yang Gagal Panen

Bogor: Pemerintah meluncurkan program baru dalam rangka mengantisipasi perubahan iklim. Petani akan diberi kompensasi apabila hasil panen mereka di bawah 25 persen akibat iklim ekstrim, atau banjir atau hal lain. Menko Perekonpmian Hatta Rajasa mengatakan hal ini kepada wartawan, usai sidang kabinet terbatas, di Istana Bogor, Senin (14/3) sore.

“Apabila produksinya hanya 25 persen di bawah perkiraan atau dia dikatakan puso, maka mereka mendapat ganti bibit, pupuk. Dia diberikan uang ganti per hektarnya Rp 2,6 juta, penggantian ongkos kerja,” kata Hatta.

Menurut Hatta, pemerintah menempuh berbagai kebijakan untuk memastikan ketahanan pangan. Untuk jangka pendek, pemerintah menetapkan Badan Urusan Logistik (Bulog) harus memiliki stok beras minimum 1,5 juta ton. “Kalau bisa 2 juta ton. Hingga saat ini stok di gudang Bulog itu sudah 1 juta ton,” Hatta menjelaskan.

Program jangka panjang, lanjut Menko Perekonomian, pemerintah akan memperluas lahan tanam, irigasi, dan meningkatkan kualitas bibit. “Semua itu menuju kepada suatu produksi 10 juta ton surplus, jadi tidak lagi sekadar swasembada,” Hatta menambahkan.

Dalam rapat terbatas yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini, Hatta juga memaparkan program untuk mencapai target produksi migas di atas 1 juta barrel pada tahun 2013, diversifikasi energi, dan percepatan pembangunan pembangkit untuk peningkatan elektrifikasi.

“Untuk itu kita harus mempercepat program Listrik 10 Ribu Megawatt menggunakan geothermal maupun batubara,” kata Hatta.

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s