Dewan Pers


Dewan Pers akan Undang Dipo Alam

Gedung Dewan Pers (istimewa) 

Jakarta – Anggota Dewan Pers Agus Sudibyo mengatakan bahwa lembaga itu akan mengundang Sekretaris Kabinet Dipo Alam untuk melakukan klarifikasi atas pernyataannya yang dinilai merupakan tekanan terhadap pers.
“Kami akan mengundang pak Dipo Alam untuk bertemu dengan Dewan Pers khususnya untuk klarifikasi, bukan pengadilan, dan meminta keterangan apakah ini pernyataan dia pribadi atau pemerintah karena konsekuensi politiknya minimal sudah terjadi,” katanya di Gedung Dewan Pers, Rabu.

Menurut dia, pernyataan Dipo Alam agar jajaran pemerintah memboikot iklan kapada media yang menjelek-jelekan pemerintah kurang tepat dan tidak pada tempatnya.
Ia mengatakan, bila memang Seskab Dipo Alam atau pemerintah tidak berkenan dengan pemberitaan yang dilakukan maka sesuai dengan koridor UU Pers no 40/1999 dapat memberikan hak jawab atau hak koreksi kepada media. Bila media tidak berkenan, maka hal itu dapat diadukan kepada Dewan Pers.
Menurut dia, pernyataan Dipo Alam yang tersebar dalam berita berbagai media tersebut, menunjukkan ketidakkonsistenan pemerintah terhadap pers.
Sebelumnya menurut dia, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam peringatan Hari Pers 9 Februari telah menyatakan bahwa pers Indonesia dalam jalur yang tepat. “Jadi ada ambivalensi di sini antara pernyataan Presiden dan Sekretaris Kabinet Dipo Alam,” katanya.
Ia menambahkan, langkah Dewan Pers dalam mengatasi permasalahan ini dilandaskan dalam koridor kewajiban dan kewenangan yang diberikan oleh undang-undang.
Bila nantinya pernyataan Dipo Alam diakui sebagai sikap resmi pemerintah, pihaknya akan menulis surat kepada Presiden terkait permasalahan ini. “Kita minta dijelaskan duduk permasalahannya, kalau itu sikap resmi pemerintah, kita mengirim surat ke Presiden,” katanya. (ant)

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s