Yayasan Cikarang Nusantara


 

 

 

 

 

 

 

MENAKERTRANS : OUTSOURSCING TELAH DIHAPUS

Yayasan Penyalur Tenaga Kerja ‘Outsourscing’ Kian Menggurita di Bekasi

Cikarang, PR

  • Pemerintah diminta harus segera mengeluarkan kebijakan serius penghapusan sistem tenaga kerja ‘outsourscing’ menyusul kian maraknya pengguna jasa calo tenaga kerja outsourscing, mengatasnamakan yayasan Penyalur Tenaga Kerja (PTK) di kawasan Industri Jababeka, Lippo Cikarang dan kawasan industri lainnya, di Kabupaten Bekasi. Bukan itu saja, rumah tempat tinggal banyak yang dipermak menjadi kantor dadakan tempat rekrutmen tenaga kerja.
  • Kebijakan Pemerintah melalui  Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang baru baru ini dikeluarkan Menakertrans, Muhaimin Iskandar, berjanji menghapus atau meniadakan sistem tenaga kerja outsourcing, yang sekarang dilakukan secara bertahap, belum ampuh dampaknya dirasakan para tenaga kerja. Karena pada kenyataannya, penguna jasa percaloan melalui yayasan Penyalur Tenaga Kerja ke sejumlah perusahaan outsourscing jumlahnya tumbuh subur dan menggurita di masyarakat.
  • Menurut Rahmat Yandi, kepada PR, “kebijakan pemerintah untuk menghapus outsourscing dinilai masih retorika. Disini nasib buruh tidak jelas, karena perjanjian kerjasama antara yayasan penguna jasa percaloan, Penyalur Tenaga Kerja (pengguna jasa outsourcing ) dengan pihak perusahaan outsourcing tidak berpihak terhadap kesejahteraan buruh. Penguna jasa, Yayasan Penyalur Tenaga Kerja hanya memikirkan keuntungan dari besarnya persentase, fee yang diberikan pihak perusahaan outsorscing. Buruh dirugikan, perjanjian jangka waktu kerja sewena-wena mengakhiri kontrak kerja antara karyawan dengan perusahaan outsourcing, “ujar anggota SPSI.
  • Yayasan Cikarang Nusantara (CN), adalah salah satunya penguna jasa outsorscing rekrutmen tenaga kerja, di Jalan Pati Karna RT 06/RW04, Desa wangun Hardja, Cikarang, Bekasi yang dipantau PR. Rumah yang dijakdikan perkantoran, setiap hari tampak terlihat kerumunan warga pencari kerja dan tak ketinggalan sesekali oknum kepolisian dan oknum aparat Pemda Bekasi ada ditempat tersebut. Menurut sumber disana, para oknum tersebut dijadikan beking. Kepentingan Polisi pun dipertanyakan?.
  • Salah seorang Pendiri Yayasan Cikarang Nusantara (CN), berinisial BS saat diwawancara rekam PR mengatakan, CN masih membutuhkan orang yang bisa melobi pihak perusahaan outsorscing yang mau menjalin kerjasama untuk rekrutmen karyawan tenaga kontrak. Nanti setelah ada perusahaan yang mau pakai  sistem kerja outsorscing, pengurus CN yang akan menindaklanjutinya melakukan nego soal berapa persen besar persentase, fee yang akan diterima CN,ujar BS, diruang kerjanya.
  • “Memang, yayasan Cikarang Nusantara (CN) sudah banyak menjalin kerjasama dengan sejumlah perusahaan outsorscing di kawasan Jababeka dan Lippo Cikarang. Yang belum, CN masih berusaha mendekati para Presdir untuk mau bergabung menjalin kerjasama. Tidak menutup kemungkinan CN akan melebarkan sayapnya membuka cabang di daerah lain, “imbuh BS.
  • Pantauan PR dilokasi CN, “untuk sampai dikantor CN, harus menelusuri jalan sepanjang kalimalang, tepatnya tidak jauh dari kawasan Industri, samping Kantor Kepala Desa Wangun Hardja. Kantor CN  menyatu dengan rumah pemiliknya. Aktifitas penerimaan calon tenaga kerja ditempat itu aman aman saja.
  • Protes yang dilakukan para tenaga kerja umumnya, karyawan outsourcing dalam penempatannya pada perusahaan pengguna outsourcing  harus tunduk pada Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang berlaku pada Yayasan Cikarang Nusantara (CN) dan perusahaan pengguna oustourcing tersebut. Keberadaan tenaga kerja berstatus outsorcing pada gilirannya akan melemahkan perjuangan kolektif tenaga kerja melalui serikat tenaga kerja, sebagai elemen pemaksa bagi terpenuhinya hak-hak tenaga kerja.
  • Sebab, tenaga kerja outsourcing bergerak sebagai individu yang mengadakan hubungan kerja dengan perusahaan secara langsung, atau tenaga kerja yang disalurkan oleh lembaga outsourcing ( jasa penyalur tenaga kerja ), kepada perusahaan, para pihak yang terlibat dalam perjanjian dalam hal ini adalah jasa penyalur tenaga kerja dan perusahaan, sementara tenaga kerja outsorcing sendiri berada di bawah kendali jasa penyalur. (red/TIM)

 

 

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

12 thoughts on “Yayasan Cikarang Nusantara”

  1. Bubarkan Yayasan dan outsourching, pada gak bener, orang mau cari kerja kok di minta bayaran, ga ada otaknya kalian!

  2. pak eddy…..alamat jelasnya dimana.minta no hp donk…saya skrg kerja sama dgn yayasan di bogor dan tangerang. siapa tau bisa dgn bapak eddy juga….mksh…. bls ke email saya ya pak… aasih12@yahoo.co.id

  3. Emang Banget,Yayasan CN Penipu Kelas Kakap. Ya Allah Mudah2 Calo2 Itu Pada Di Laknat,Perutnya Pada Gendut,Makan Duit HARAM..

  4. sy jg sangat prihatin dgn sistem penyaluran tenaga kerja skrg yg kurang bermartabat,sehingga byk dimanfaatkan oleh pihak yg krg bertanggung jwb,oleh karena itu sy mencoba membuka semacam training center,bukan yayasan /outsorcing.di training center ini calon pencari kerja di beri pelatihan industrial dan disalurkan langsung ke perusahaan dgn sistem kontrak kerja yg jelas ( kontrak dgn perusahaan tsb ),kegiatan ini sdh kami lakukan 8 bln berjalan,rekanan kerjasama dgn beberapa perusahaaan manufacturing di kawasan mm2100 cbt,bagi yg berminat bs bekerjasama dgn kami

  5. memang benar dengan menjamurnya yayasan penyalur tnkja,banyak sekali hak2 buruh yang di ambil.belum buat masuknya harus mengeluarkan sejumlah uang yang tidak sedikit ,dan juga gaji bulanan yang di potong. tolong untuk departemen terkait untuk menindak lanjuti juga perusahaan2 jangan pernah menggunakan jasa outsorsing karena kerugian ada di pihaknya juga .hanya orng2 tertentu saja yang merasakan nikmatnya keringat orang dan ingat itu hanya kenikmatan dunia sesaat,trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s