UNIONPERS
KRIMINAL
PROFIL UNIONPERS

PERS Harus Perkuat Toleransi Beragama


AJI Ajak Pers Menguatkan Toleransi Beragama

Jakarta – Aliansi Jurnalis Independen Indonesia mengajak pers mengedepankan berita yang menguatkan toleransi kehidupan beragama yang dapat menjadi wadah dialog sehat diantara para pemeluk agama.
“Tragedi di Cikeusik dan Temanggung perlu kita jadikan bahan refleksi, apakah pers telah menjalankan peran dalam menciptakan sikap toleran,” kata Ketua AJI Indonesia, Nezar Patria, dalam siaran pers yang diterima, di Jakarta, Rabu.
Dalam hal kekerasan terhadap warga Ahmadiyah, AJI mencatat masih banyak berita yang mempertajam perbedaan keyakinan dengan sikap pers yang sering memberikan ruang kepada narasumber untuk melontarkan pernyataan yang bersifat menghasut.
“Tokoh-tokoh agama yang tidak toleran terhadap perbedaan diberi ruang besar oleh pers, sementara pemikiran yang toleran kurang mendapat porsi pemberitaan,” tambahnya.
Terkait penyerangan gereja di Temanggung, AJI mencatat adanya pemberitaan yang menjadi penyulut kebencian terhadap umat Kristen dan Katolik terkait pengadilan kasus penistaan agama oleh Antonius Richmond Bawengan.
Pers perlu mengedepankan jurnalisme damai yang mendorong resolusi konflik, bukan eskalasi konflik. Pemberitaan yang bersifat diskriminatif terhadap penganut agama minoritas harus dihindari.
AJI menegaskan bahwa kebebasan berkeyakinan dan menjalankan ibadah merupakan hak azasi setiap orang dan dilindungi oleh Undang-Undang Dasar 1945. Oleh karena itu, AJI mengajak pers untuk selalu mempromosikan pentingnya kebebasan beragama di Indonesia.(ant*)

Iklan

About unionpers

ORGANISASI WARTAWAN UNIONPERS BERDIRI SEJAK TAHUN 2004, AKTA NOTARIS : No 01/05/10/2005, MARLIANSYAH, SH, E-mail: unionpers@yahoo.com, REKENING BANK MANDIRI NO : 132 00 1264034-9, CABANG SADANG, PURWAKARTA ATAS NAMA REKSON HERMANTO (BENDAHARA)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BERITA

%d blogger menyukai ini: